1. Startup

Startup Poin-web Diluncurkan, Hubungkan Pengiklan Dengan Konsumen Digital

Minggu kemarin, Poin-web, sebuah startup yang menyediakan layanan penghubung digital antara pengiklan dengan konsumen, diluncurkan di Jakarta. Startup ini merupakan hasil joint-venture antara Corfina Capital dan Real World Japan. Di Jepang, startup ini mengambil konsep yang sama dengan nama Real World Japan, sebelum akhirnya dibawa oleh Corfina Capital untuk masuk pasar Indonesia yang sedang bertumbuh.

Poin-web sendiri mengambil konsep portal konten yang bisa dinikmati pengunjung berupa games, kuesioner dan mendapatkan reward poin ketika melakukan hal tersebut. Setelah mendapatkan poin yang cukup, pengguna bisa melakukan redeem untuk produk/layanan dari beberapa rekanan Poin-web, seperti MAP Group, KFC, Carrefour, McDonald's, Indomog, Gudang Voucher, Burger King dan banyak lagi.

Salah satu model bisnis yang menurut saya menarik, Poin-web mampu menjembatani antara pengiklan dengan pengguna. Pengiklan bisa masuk, dan mengadakan promo bisa berupa game atau kuesioner, lalu memberikan reward kepada pengguna. Reward ini bisa dikembalikan lagi untuk para pengguna bisa membeli produk/layanan dari pengiklan itu sendiri. Misalnya, sebuah perusahaan e-commerce memberikan 3000 poin untuk pengguna Poin-web agar mengisi kuesioner. Nantinya 3000 poin yang telah didapatkan tersebut bisa ditukar/redeem dengan pembelian produk atau diskon di situs e-commerce tersebut.

Tatsuhito Muramatsu, COO Poin-web menyatakan bahwa dirinya terus mencari konten lokal yang bisa diintegrasikan di platformnya, baik itu berupa games atau apapun. Sejak diluncurkan minggu lalu, Tatsuhito menyatakan bahwa Poin-web kini mengalami peningkatan dari sisi traffic maupun jumlah pengguna terdaftar meskipun belum terlalu signifikan.

Untuk bisnis seperti ini, krusial untuk membuat pengunjung betah berlama-lama dan berinteraksi lebih banyak di dalam situs. Hal ini akan menjadi tantangan terbesar, terutama untuk mengumpulkan cukup banyak pengguna untuk menarik pengiklan. Tatsuhito berkata bahwa Poin-web akan fokus untuk akuisisi pengguna dengan melakukan promosi menggunakan jaringan iklan, barter promosi dengan rekanan dan juga dengan fitur "Invite your friends" yang terdapat di websitenya. Pengguna akan mendapatkan poin yang cukup besar jika berhasil mengundang rekannya yang lain untuk bergabung di situsnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again