Dark
Light

SoundCloud Luncurkan Suggested Tracks, Bantu Anda Temukan Lagu-Lagu Baru Sesuai Selera

1 min read
June 24, 2016

Mewadahi banyak musisi indie, SoundCloud merupakan medium yang tepat untuk menemukan musik-musik baru. Sayangnya selama ini prosesnya lebih mengandalkan cara manual, bukan berdasarkan rekomendasi berbasis algoritma seperti yang diterapkan kebanyakan layanan streaming musik lain.

Namun itu semua adalah masa lalu, karena baru-baru ini SoundCloud sudah menyiapkan solusi berupa fitur Suggested Tracks. Menurut penjelasan SoundCloud sendiri, Suggested Tracks mengandalkan algoritma machine learning guna menyajikan musik baru berdasarkan like dan history milik pengguna.

Semakin sering pengguna memakai SoundCloud, maka semakin sempurna juga kinerja dari algoritma Suggested Tracks, tipikal cara kerja machine learning pada umumnya. Dengan menganalisa aktivitas Anda di SoundCloud, Suggested Tracks akan mencarikan musik-musik baru dan artis-artis baru; sebisa mungkin yang belum pernah Anda tahu, tapi gaya-gayanya mirip seperti musik yang Anda sukai – mirip seperti cara kerja fitur Discover Weekly milik Spotify.

Di web, fitur ini bisa dinikmati dengan mengakses tab Discover di sebelah Charts. Sedangkan di aplikasi iOS atau Android, Suggested Tracks bisa diakses lewat menu pencarian yang dilambangkan dengan icon kaca pembesar.

Fitur rekomendasi berbasis algoritma ini krusial mengingat koleksi lagu milik SoundCloud telah mencapai angka 125 juta sejauh ini. Pengguna sudah bisa menikmati fitur Suggested Tracks sekarang juga – khusus pengguna baru, Suggested Tracks baru akan muncul setelah Anda mendengarkan atau membubuhkan like pada beberapa lagu.

Sumber: SoundCloud Blog.

Previous Story

Shuhei Yoshida: Neo Masih Merupakan PlayStation 4

Next Story

Samsung Resmikan Notebook 7 Spin, Laptop Windows 10 Convertible yang Fleksibel

Latest from Blog

Don't Miss

AI dapat jadikan game lebih aksesibel

Bagaimana AI Dapat Dipakai untuk Membuat Game Jadi Lebih Aksesibel

Penggunaan teknologi artificial intelligence (AI) di industri video game memicu
Apple AI

Tanpa Sebut Kata AI, Apple Tunjukkan Berbagai Inovasi Berbasis AI

Apple baru saja menggelar event WWDC 2023. Seperti biasa setiap