1. Startup

Smiles Messenger Andalkan Fungsi Messaging Sambil Nikmati Streaming

Geliat aplikasi mobile messaging buatan lokal terus bergulir. Walau saat ini kondisi pasar Indonesia tengah didominasi oleh banyak aplikasi yang berasal dari pemain global, rupanya tak menyurutkan semangat para pengembang lokal untuk mengembangkan aplikasi messenger yang tak hanya menawarkan fungsi berkirim pesan singkat, namun juga sarat dengan fungsi interaktif lainnya.

Kami menemukan salah satu aplikasi messenger yang “mungkin” baru hadir bernama Smiles Messenger. Jika pada beberapa waktu lalu kami sempat membahas Atme yang mengandalkan fitur-fitur komunikasi konvensional untuk menggoda minat pasar, Smiles Messenger punya cara yang unik, yaitu dengan menawarkan fitur streaming.

Secara umum, dari fungsi messaging, Smiles Messenger bisa dikatakan hanya “melanjutkan” saja apa yang telah dilakukan oleh aplikasi semacam Line, KakaoTalk, WeChat, dan bahkan dari beberapa aplikasi lokal yang telah mengadaptasi fitur serupa. Tak ada hal baru yang ditawarkan dari fitur chat, fitur seperti kirim stiker, group chat, rooms, dan sebagainya menjadi hal yang mungkin bagi sebagian pengguna bukan menjadi hal yang menarik lagi, di samping fitur-fitur tersebut sudah sangat lekat pada aplikasi yang telah disebutkan tadi. Walau begitu, Smiles Messenger mungkin bisa menggoda minat pasar lewat fungsi streaming-nya.

Entah apa alasan dari Digital Buana sebagai pengembangnya dalam menyematkan fungsi yang bisa dibilang kurang relevan sebagai sebuah aplikasi messenger, namun setidaknya fungsi ini masih cukup menarik untuk disimak. Fitur streaming-nya hadir dalam aplikasi yang terpisah dari aplikasi messaging, walau bisa diakses melalui aplikasi messenger, namun pengguna sebelumnya diharuskan untuk mengunduh aplikasi terpisahnya yang bernama Smiles Multimedia.

Dalam aplikasi ini tersedia beberapa pilihan konten video streaming menarik yang menampilkan berbagai channel mulai dari stasiun tv lokal seperti Antv, TV One, hingga Kompas TV, sampai terdapat pula pilihan video on demand dan live event streaming. Tak hanya itu saja, Smiles Multimedia juga menyediakan paket streaming yang menawarkan ragam konten video mulai dari video musik, hingga channel animasi kartun.

Paket streaming yang dimaksud merupakan layanan berbayar yang mematok harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 36.000, bisa diasumsikan layanan ini merupakan salah satu model bisnis yang dijalankan Smiles. Dalam halaman unduh di Google Play Store juga disebutkan, Smiles Messenger akan memiliki Smiles Store yang bakal menjual beberapa item in-app purchase seperti wallpaper, dan berbagai downloadable content lainnya, sayang belum ada keterangan lebih lanjut mengenai fitur ini kapan akan dihadirkan.

Dengan memasang strategi konten yang “kurang umum” bagi sebuah aplikasi messenger, peluang Smiles Messenger mungkin akan lebih cerah pada Smiles Multimedia yang mengandalkan fungsi streaming tadi. Jika dilihat dalam profilnya di Google Play Store, Digital Buana sendiri terlihat lebih berpengalaman dalam menyediakan aplikasi streaming pihak ketiga dari beberapa stasiun tv lokal. Saat ini sudah ada empat produk aplikasi khusus streaming yang sudah bisa diunduh.

Smiles Messenger sepertinya cukup serius untuk bisa hadir di tengah persaingan pasar Indonesia yang kian dinamis. Saat ini aplikasinya telah tersedia di platform Android dan iOS, selain itu menurut keterangan yang disampaikan dalam website resminya, Smiles Messenger juga bakal dihadirkan di berbagai platform lain seperti BlackBerry, Windows Phone, dan bahkan Symbian. Kita nantikan saja perkembangan kedepannya, apakah Smiles Messenger akan sukses menggoda pasar, atau malah mungkin akan tenggelam sebelum bisa muncul ke permukaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again