1. Startup

Situs Lowongan Kerja : Basi?

Beberapa waktu lalu saya dikirimi email oleh seseorang yang sepertinya pengelola dari jam5.net sebuah situs lowongan kerja yang meminta saya untuk me-review websitenya. Well... saya tidak akan melakukannya, alasannya? Terlalu banyak situs-situs serupa dan memang tidak ada satupun yang menonjol. Daripada membahas satu situs tertentu, lebih baik saya membahasnya secara general bukan?

Situs-situs lowongan kerja memang sangat banyak, banyak sekali, tak terhitung banyaknya. Dipelopori oleh Karir.com yang merupakan salah satu pemain awal di bisnis ini, saat ini ada ratusan situs serupa. Dan sayangnya dari ratusan situs tersebut tidak ada satupun yang memiliki fitur yang menonjol, beberapa memiliki diferensiasi yang cukup kuat, namun tidak ada yang benar-benar menonjol.

Karir, jobsdb, jobstreet, monster, ah terlalu banyak untuk diingat, silahkan anda cari sendiri di Google.

Ada sebuah situs besutan dari teman-teman di iCreativeLabs, namanya JobsFreak. Situs ini memang tidak memiliki fitur spesial, namun diferensiasi yang dimiliki cukup kuat dengan mengincar pasar yang niche. JobsFreak adalah situs yang menampilkan lowongan-lowongan kerja khusus untuk para pekerja kreatif mulai dari web designer, web developer, animator, graphic designer, dan juga untuk writer. Pasar yang diincar memang tidak banyak, tapi justru setiap orang yang bekerja di bidang-bidang tersebut pasti lebih memilih JobsFreak daripada Karir, well ... more or less, but you get the idea.

Tak hanya JobsFreak, sudah lumayan banyak situs-situs yang mengkhususkan diri ke segmen-segmen tertentu seperti pajak, accounting, dan bahkan ada yang mengkhususkan diri untuk lowongan kerja di Dubai ahem! ronald..

Fitur ini memang menjadi sebuah diferensiasi tersendiri bagi situs-situs penyedia lowongan kerja, namun untuk situs - situs yang mengambil pasar general Basi! seperti masih mentok dengan fitur yang itu - itu saja. Fitur yang ada di kebanyakan situs hanya terpatok di online resume submission dan apply online, sisanya fitur standard berupa advanced search saja.

Coba ya, ada situs lowongan kerja yang juga memfasilitasi interview online via video streaming, pasti keren! Kalau titipan dari orang HRD di kantor saya, mereka berharap ada fitur filtering khusus yang bisa menyaring pelamar sesuai dengan kriteria yang dibutuhkans secara otomatis. Fitur yang sederhana bukan? Technically do-able dan pastinya dibutuhkan oleh para client, baik pelamar maupun employer.

Sekarang giliran anda, fitur apa yang anda rasa dibutuhkan oleh situs-situs lowongan kerja ini?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again