• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Sistem Operasi Untuk Netbook Jolicloud Versi 1.0, Telah Resmi Dirilis

Sistem Operasi Untuk Netbook Jolicloud Versi 1.0, Telah Resmi Dirilis

Posted by
Wiku Baskoro

August 5, 2010

Jolicloud yang merupakan sebuah sistem operasi yang memfokuskan pada penggunaan untuk netbook dan aplikasi berbasis web telah resmi merilis versi 1.0 mereka. Jolicloud merupakan produk yang dikembangkan oleh salah satu founder dari Netvibes, Tariq Kim.

Seperti yang dituliskan oleh VentureBeat, Jolicloud yang merupakan OS berbasis Linux ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 dan telah melakukan uji produk, baik secara publik maupun terbatas. OS ini juga tidak membutuhkan driver ekstra atau perangkat lunak yang diunduh. Jolicloud sangat bergantung pada aplikasi berbasis web alih-alih program lokal yang ada dikomputer pengguna, yang membuatnya sangat bagus untuk komputer personal seperti netbook.

Versi 1.0 ini bisa diunduh langsung di situs Jolicloud, selain itu OS ini juga telah memiliki Windows installer yang ringan dan mudah digunakan, HTML5-based application launcher serta mendukung produk layar sentuh, strategi yang tepat karena pertumbuhan produk layar sentuh yang menanjak seiring dikeluarkannya iPad oleh Apple.

Dengan tag line ‘a radically New OS’, Jolicloud kemungkinan besar akan mencuri perhatian pengguna atau calon pengguna netbook yang sedang menantikan Chrome OS dari Google, yang juga diperuntukkan bagi netbook. Beberapa kelebihan Jolicloud, seperti yang dituliskan di situs mereka antara lain, kemudahan proses instalasi, fitur sosial yang berisi berbagai aplikasi populer seperti Firefox, Gmail, Facebook, Twitter, Skype, Dropbox, dll.

Proses instalasi berbagai aplikasi tambahan ini juga mudah, cukup sekali klik, tanpa perlu melakukan proses unduh, dan sebagian besar aplikasi berbasis web ini tersedia secara gratis. Sepertinya produk ini cukup menjanjikan, selain dari tampilan screenshot, produk lain dari Tariq Kim, Netvibes yang merupakan dashboard engine juga cukup bagus.

Anda bisa melakukan unduhan langsung dari dari situs mereka dan melakukan instalasi dengan menggunakan JolicloudExpress, yang membutuhkan 4GB free space di hard disk Anda, atau membuat native installation dengan menggunakan Jolicloud ISO and Jolicloud USB Creator.

Bagi Anda yang ingin melihat contoh tampilan dari Jolicloud atau melihat keterangan lain tentang fitur dan cara-cara instalasi, Anda bisa menuju tautan berikut ini. Bagaimana pendapat Anda dengan diluncurkannya Jolicloud versi 1.0 ini, apakah akan mendapatkan pengguna yang cukup banyak? Pendapat Anda bisa dituliskan pada kolom komentar.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×