Berita 

Sign in ke Layanan Yahoo! Dengan Menggunakan Facebook Atau Google ID

Sign in ke Layanan Yahoo! Dengan Menggunakan Facebook Atau Google ID

Posted by
Wiku Baskoro

January 19, 2011

Yahoo! mengumumkan bahwa pada tanggal 20 Januari 2011 nanti, mereka akan membuka autentikasi pihak ketiga yang memungkinkan pengguna untuk melakukan log-in ke layanan Yahoo! dengan menggunakan Facebook atau Google ID (lewat layanan OpenID).

Fasilitas ini akan menambah layanan serupa, log-in yang telah di jalankan Yahoo! yang memungkinkan pengguna untuk log-in dengan Google ID ke layanan Flickr milik Yahoo! bulan Oktober tahun lalu. Yahoo! merupakan salah satu penyedia layanan email yang mendukung layanan OpenID dan menjadi provider OpenID terbesar di dunia pada bulan Januari 2008.

Nantinya, dengan fasilitas OpenID log-in menggunakan Facebook ID atau Google ID ini, pengguna bisa secara mudah melakukan proses sign in dan berinteraksi di berbagai layanan Yahoo! dengan menggunakan Facebook atau Google ID mereka, seperti memberikan komentar di artikel Yahoo! News atau berinteraksi di layanan Flickr. Akan muncul ikon pilihan untuk melakukan sign in menggunakan Facebook atau Google ID ketika pengguna akan memasuki layanan Yahoo!.

Seperti yang dijelaskan Yahoo! pada rilis resmi mereka, layanan ini akan memberikan kemudahan serta pilihan tambahan bagi pengguna yang telah memiliki identitas online mereka masing-masing, fasilitas ini juga akan memberikan pengalaman yang lebih luas dan fleksibel bagi pengguna dalam berinteraksi di berbagai layanan Yahoo!.

Any signed-in user that is engaging with Yahoo! services is a valued user, regardless of how the user authenticates.

Yahoo! juga akan memperluas layanan autentikasi pengguna dari pihak ketiga ini diluar Facebook dan Google, jadi mereka juga akan memperluas fasilitas serupa dengan penyedia layanan identitas online lainnya di waktu depan.

Namun, tidak semua fasilitas yang ada di jaringan Yahoo! bisa diakses dengan fasilitas OpenID ini, misalnya untuk mobile/desktop client, pengguna tidak bisa melakukan sign in dengan Google OpenID, tetapi untuk fasiltas seperti Flickr Uploadr, pengguna bisa melakukannya, karena proses autentikasi dilakukan di browser.

Untuk melihat video contoh sign in menggunakan Google ID bisa dilihat di tautan ini, sedangkan contoh yang menggunakan Facebook ID di tautan ini.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×