1. Startup

Sharelock Mudahkan Berbagi File, Note, dan Lokasi Rahasia Kepada Siapa Saja

Ini kabar baik bagi Anda yang gemar membagikan hal apa saja yang bersifat pribadi dan rahasia melalui ranah internet. Ketika Anda mungkin merasa ragu dengan keamanan yang ditawarkan banyak penyedia cloud sharing storage pada umumnya, startup lokal yang bernama Sharelock menawarkan solusi yang tepat untuk menjamin keamanan berbagi file kepada siapa saja dengan mudah dan aman.

Secara singkat, Sharelock merupakan platform online yang menawarkan fasilitas berbagi hal segala rupa secara aman hanya dengan beberapa langkah singkat saja. Kebutuhan yang bisa diunggah bisa merupakan File yang terdapat di dalam hard-drive komputer, catatan khusus, maupun share lokasi yang bersifat pribadi. Teknisnya, Sharelock akan meng-enkripsi setiap hal yang diunggah ke dalam platformnya dan akan tersimpan secara aman sekaligus dapat pula dibagikan kepada siapa saja cukup dengan hanya membagikan satu link khusus yang akan diperoleh.

Terdengar mirip seperti layanan cloud semacam Dropbox, Google Drive, dan sebagainya, Sharelock benar-benar memudahkan pengguna yang ingin segala sesuatunya berjalan dengan cepat. Dalam menggunakan Sharelock pengguna tak memerlukan pendaftaran akun yang mungkin cukup menyita waktu.

Ketika ingin berbagi file, pengguna cukup langsung mengunggahnya di dalam kolom khusus, kemudian memasang password untuk hal keamanan. Agar tak terlupakan, alamat email juga diminta untuk diisi sebagai “backup” jika password tak sengaja terlupa di kemudian hari. Setelah berhasil diunggah, pengguna bisa memilih berbagai opsi link yang sesuai dengan kebutuhan, apakah itu ingin membagikan link unduh kepada teman, atau pun membagikannya dalam bentuk kode HTML. Tak ketinggalan fungsi menghapus link yang berisi file pribadi juga disediakan di sini.

Secara keseluruhan, fungsi yang sama juga berlaku ketika pengguna ingin berbagi catatan rahasia, dan share lokasi yang tidak ingin diketahui oleh siapa pun. Untuk memudahkan share lokasi, Sharelock memanfaatkan teknologi Google Map yang mungkin bagi sebagian besar pengguna telah familiar dengan teknologi tersebut.

Statusnya yang kini masih dalam tahap beta, membuat saya bertanya-tanya seperti apa “wujud” final dari Sharelock yang saat ini kehadirannya menurut saya pribadi telah cukup sempurna dan tidak ditemui adanya kendala yang berarti.

Sejauh saya meninjau layanannya, belum ditemukan adanya model bisnis yang diusung oleh Sharelock, namun tak tertutup kemungkinan jika nantinya Sharelock akan menerapkan model bisnis yang prima seperti misalnya menyediakan fitur unggah dengan kapasitas ekstra yang berbayar, mengingat saat ini ukuran maksimal sebuah file yang bisa diunggah dibatasi maksimal sebesar 250MB.

Untuk lebih jelasnya, kami telah menanyakan perihal ini kepada pihak pengembang Sharelock dan akan segera kami perbarui informasinya jika telah mendapat jawaban.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again