1. Startup

Sesi Pertama Panel Sparxup Awards 2012, Dengan Tema 'Executing Tech Business in Indonesia'

Acara konferensi Sparxup Awards 2012 telah dimulai, pembicara pertama dari Blaast telah melakukan presentasi di acara ini serta pembicara kedua dari Blibli. Sesi ketiga adalah sesi panel pertama yang membicarakan tema: 'Executing Tech Business in Indonesia' dengan menghadirkan para panelis Hendrik Tio (Bhinneka.com), Ferry Tenka (Groupon Disdus), Roy Simangunsong (Yahoo), Yoga Nandiwardhana (Ohdio), Ivan Hudyana (Blibli) dan dimoderatori oleh Aulia Masna.

Diskusi dimulai dengan pendapat atas kondisi pasar Indonesia, khususnya untuk digital di masa sekarang dan masa lalu. Hendrik Tio melihat pergesaran dari pasar digital, yang kini sangat berbeda, dari sisi teknologi termasuk koneksi internet. Salah satu yang memberikan perbedaan cukup signifikan adalah mobile, termasuk untuk mendukung perkembangan bisnis ecommerce.

Hendrik mengatakan bahwa industri ecommerce akan mapan di tahun 2015, saat ini masih masuk dalam masa pertumbuhan, penetrasi mobile jadi salah satu pendorong akan pertumbuhan ecommerce. Konsumen kini masih membeli barang dengan harga yang murah lewat online, tetapi kondisinya akan berangsur berubah dan peluang untuk industri ini tumbuh masih besar.

Hal senada juga dikatakan oleh Ivan Hudyana yang mengatakan bahwa bisnis ecommerce dalah bisnis jangka panjang dan membutuhkan sumber daya untuk bertahan. Tetapi peluangnya besar dan siapa yang bertahan akan bisa berhasil asal ada peningkatan layanan yang berkelanjutan.

Bagi Ferry Tenka, tantangan yang mereka hadapi untuk menjalankan bisnis mereka antara lain adalah belum tersedianya layanan solusi pembayaran online yang bisa diandalkan serta mitra logistik. Jika dua hal ini bisa diatasi maka bisnis ecommerce bisa berkembang lebih baik.

Bhinneka sendiri memang agak berbeda karena mereka begerak awalnya offline dan kemudian beralih ke online. Bhinneka sendiri melihat bahwa konsumen masih belum percaya sepenuhnya untuk kegiatan membeli online, meski perilakunya sudah mulai berubah. Bahkan di Bhinneka sendiri sekarang untuk direct online transaction sudah lebih tinggi dari phone order. Mereka juga memiliki berbagai saluran untuk menjual barang mereka, offline, online serta call center. Hendrik mengatakan bahwa pendapatan dari toko mereka mencapai 25% dari pendatapan total, sama seperti yang mereka dapatkan dari online.

Untuk masalah kepercayaan, Ivan dari Blibli mengatakan bahwa konsumen Indonesia masih memerlukan jaminan kepercayaan atas transaksi online. Oleh karenanya sentuhan manusia masih diperlukan, layanan call center tidak bisa digantikan tetapi akan meningkatkan layanan dari bisnis ecommerce itu sendiri. Ivan juga menambahkan bahwa interaksi dari perangkat bergerak juga akan meningkatkan interaksi antara konsumen dan toko, terutama untuk keinginan konsumen melakukan kontak atas toko online tersebut.

Pendapat lain dikatakan oleh Ferry Tenka dari Groupon Disdus yang menjelaskan bahwa di Groupon Disdus pasar Indonesia cukup besar, bahkan jika pertumbuhannya bisa dijaga akan mengalahkan pasar Hong Kong. Konsumen kini telah mau membeli secara online karena sudah teredukasi. Satu hal penting adalah tentang edukasi, dimana konsumen harus dijelaskan tentang seputar transaksi online.

Beralih ke perihal konsumsi media di Indonesia, penjelasan dari Roy Simangunsung cukup menarik. Ia mengatakan bahwa ada pergesaran audience untuk Indonesia yang awalnya fokus ke berita dan pencarian, yang kini beralih ke hiburan dan gaya hidup. Pertumbuhan untuk pencarian sudah tidak secepat dulu karena pengguna kini memilih masuk ke situs yang menyediakan semua informasi dalam satu tempat. Hal ini termasuk untuk pengguna feature phone yang juga mulai mengkonsumsi konten hiburan dan gaya hidup.

Untuk pengiklan, Yahoo juga mencoba menjelaskan pada para pengiklan atas pergeseran ini, konsumen lebih memilih kualitas berita bukan lagi kecepatan berita. Konten yang dicari kini lebih fokus pada kualitasnya. Untuk urusan mobile, Yahoo sendiri mencoba untuk memilahnya sesuai pasar, misalnya akses dari tablet untu pasar Indonesia berbeda dengan negara lain.

Yoga Nandiwardhana dari Ohdio mengatakan bahwa peran feature phone membantu konsumen untuk mengakses internet. Konsumen kini sudah mulai aware dengan apa yang mereka bisa lakukan dengan internet. Yoga melihat bahwa perangkat Android punya peran penting mendukung adopsi internet di Indonesia, dengan tersedianya perangkat ini dengan harga murah untuk entry level, hal ini juga akan mendukung pertumbuhan dari industri digital sendiri.

Untuk diskusi atas mobile di Indonesia, Roy mengatakan bahwa hal ini bergantung juga ke vendor yang merilis perangkat yang lebih murah serta harga akses internet bagi konsumen, semakin murah maka pertumbuhan pengguna internet akan semakin bertumbuh. Ivan juga menambahkan bahwa harus ada perubahan model dari yang sekarang ada, hal ini harus dilakukan untuk menghadapi perilaku penguna juga yang terus berubah, yang kreatif menawarkan layanan adalah yang akan berhasil.

--

Diskusi di atas, sedikit banyak menjelaskan tentang berbagai pengalaman dari para pelaku bisnis ini tentang pasar Indonesia, salah satu yang bisa di garis bawah adalah adanya perubahan, baik dari sisi industri maupun konsumen sendiri. Dukungan infrastruktur juga menjadi hal penting bagi ecommerce, termasuk dari layanan pembayaran dan logistik.

Saya sendiri melihat optimisme dari para pelaku bisnis ini untuk dunia teknologi - digital di Indonesia, meski bukan usaha yang mudah. Memang untuk ecommerce saat ini adalah masa pertumbuhan, Indonesia belum bisa menikmati hasilnya, namun perkembangannya cukup baik dan dalam beberapa tahun ke depan bisa booming dalam hal revenue dan juga pertumbuhan konsumen.

Riset akan pasar lokal juga menjadi hal penting yang saya lihat dari sesi diskusi ini, bahwa perilaku pengguna Indonesia sudah berubah dan mungkin akan terus bergerak seiring pertumbuhan pengguna internet, hal ini patut dipelajari bagi para pelaku bisnis untuk bisa mengeksekusi layanan mereka di pasar Indonesia.

Acara Sparxup Awards 2012 sendiri saat ini masih berlangsung dan akan menghadirkan beberapa pembicara lain dan sesi diskusi panel. Malamnya akan ada pengumuman untuk pemenang utama dari para startup yang telah melakukan demo dihadapan para juri hari kemarin serta pengumuman HackathonKing. Ikuti terus berita seputar Sparxup Awards 2012 di DailySocial

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again