1. Startup

Segera Hadir MetroTrans Aplikasi Mobile Untuk Pengguna Angkutan Umum

Kemacetan lalu lintas yang semakin parah di kota besar seperti Jakarta ini membuat makin banyak orang beralih ke kendaraan umum. Memang, harapan banyak orang agar Jakarta punya sistem transportasi umum yang nyaman dan andal sudah begitu besar, sayang hingga saat ini belum terwujud. Sambil menunggu mimpi itu terjadi, paling tidak, gunakanlah dulu aplikasi mobile yang bisa memudahkan kita ‘ber-angkot ria’.

Salah satunya, aplikasi mobile MetroTrans yang memang khusus diperuntukkan bagi arah pengguna kendaraan umum. Dengan aplikasi ini, para pengguna bisa mendapat banyak informasi mulai dari seputar rute angkot, hingga informasi jarak angkot terdekat dan termudah dari titik-titik tujuan.

Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Lintas Karya Integrasi (LINK) yang merupakan sebuah perusahaan pengembang software, fokus untuk melayani pembuatan situs dan aplikasi mobile. LINK sendiri sudah terbentuk pada tahun 2012, telah  menghasilkan produk-produk aplikasi mobile seperti Toyomart, platform messaging Android Floovy, Jakarta Baru, serta masih banyak lagi.

Ide membuat aplikasi mobile MetroTrans ini, menurut Herwin Lesmana, founder dan CTO dari LINK, mengatakan kepada DailySocial, idenya bermula saat munculnya wacana tentang pembatasan kendaraan pribadi di DKI Jakarta. Seperti kita ketahui, bahwa kemacetan Jakarta disinyalir memang disebabkan oleh makin banyaknya kendaraan pribadi yang berseliweran.

Salah satu wacana yang diangkat ke permukaan adalah  pemberlakuan sistem nomor plat mobil genap dan ganjil, ERP, sampai pembatasan BBM. Herwin melihat efek dari rencana berbagai kebijakan itu akan membuat banyak orang yang terpaksa beralih menggunakan angkutan umum. Namun, peralihan ini tidak dimbangi dengan informasi memadai dengan info trayek transportasi umum.

Selama ini, buat orang yang tidak tahu trayek angkutan kota dari satu titik ke titik lain, terpaksa akan bertanya pada sekitar, dengan kawan atau pun orang asing di jalan, atau memanfaatkan Google. Namun yang dinginkan Herwin dan kru adalah sebuah aplikasi yang mencakup sekumpulan informasi rute angkutan umum yang terintegrasi dan mudah dipahami. “Biasanya informasi tersebut tersedia terpisah-pisah, tidak lengkap, dan sering kali hanya berupa teks, padahal untuk informasi semacam ini tentu saja lebih mudah dipahami jika berupa peta. MetroTrans akan menjadi solusi dari masalah-masalah itu.”

   

Saat ini MetroTrans yang sedang dikembangkan dalam platform Android, hal ini juga  melihat pertumbuhan Android yang sangat pesat dan harganya yang lebih terjangkau. Namun ke depannya MetroTrans akan tersedia dalam platform-platform lain seperti iOS, Windows Phone, dan BlackBerry. Selain itu MetroTrans juga memiliki web yang memungkinkan masyarakat melengkapi atau memperbaiki data rute dan halte dan terminal.

Herwin pun membocorkan sedikit fitur-fitur andalan MetroTrans: navigasi berupa peta. Selain itu, MetroTrans juga akan memiliki fungsi berbagi, seperti layaknya media sosial. “Nanti diharapkan akan adanya wadah kontribusi data dari masyarakat atau crowdsourcing”. Yang menarik lainnya dari dari MetroTrans, adalah selain info petunjuk rute angkutan umum yang terdekat dan termurah, juga akan ada notifikasi ketika pengguna sudah dekat dengan tujuan, atau harus pindah angkot.

Dengan tersedianya menu berbagi, pengguna juga dapat melihat, menambah, dan memperbaiki seluruh rute angkot yang ada. “Dengan keterbukaan ini, kami yakin MetroTrans bisa menjadi aplikasi yang menyajikan informasi rute paling lengkap dan tepat, selain itu masyarakat akan mempunyai sense of belonging terhadp MetroTrans.”

Target peluncuran perdana MetroTrans sendiri direncanakan bulan Mei ini. "Mungkin akhir-akhir Mei, sebab masih ada beberapa perbaikan yang sedang dikerjakan," jelas Herwin. “Kami sangat berharap MetroTrans mendapat dukungan dari pemerintah, khususnya Pemprov DKI. Pemasaran yang kami lakukan akan lebih kepada ajakan untuk berkontribusi bagi kemajuan dan kebaikan bersama. Dari masyarakat, oleh masyarakat, untuk masyarakat. Kami juga akan memberikan reward bagi pengguna-pengguna yang aktif berkontribusi.”

MetroTrans menargetkan dalam satu tahun ke depan dapat meraih anggota sebanyak  500.000 pengguna. “Dan dari segi fitur kami ingin menambahkan informasi realtime seperti kemacetan dan kecelakaan. Selain itu kami juga ingin agar data yang kami miliki dapat menjadi bahan analisa bagi pemerintah untuk pengembangan kota yang lebih baik,” pungkasnya.

 

Baidu Browser provides a new mobile browsing experience! Quick, convenient and with more content and resources, Baidu Browser satisfies all your browsing needs.Fast: Exclusive kernel increases browsing speed by 30%;Compact: Lightweight, uses little memory, runs smoothly;Huge resources: Quickly access the content, news and images you’re interested in;Free: 100% free to download and use.Download Baidu Browser http://goo.gl/WKlc5i

[Ilustrasi foto: Shutterstock. Screenshot: Dokumentasi LINK]

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again