1. Startup

Segera Hadir Inkubator "Proof of Concept" di Bandung

Satu lagi inkubator startup bakal hadir di Bandung dengan nama "Proof of Concept" (PoC) yang rencananya bakal melakukan soft launch dalam waktu dekat dan beroperasi penuh di akhir tahun 2014. Berupa gedung tiga lantai di kawasan Hegarmanah, Budhianto Widjaja selaku founder tempat ini menginginkan suatu meeting point antara startup dan investor di dalam suatu komunitas yang saling mendukung.

Menurut rilis yang kami terima, inkubator ini bertujuan untuk menumbuhkan komunitas startup dan kemitraan dengan investor, mengembangkan startup sehingga dapat mandiri serta memiliki bisnis yang unik sebagai ciri khas dari startup tersebut, dan partner bagi investor untuk membangun startup yang memiliki nilai bisnis yang potensial.

Mencapai tujuan tersebut, PoC akan menyediakan fasilitas co-working space dengan kapasitas total 30 orang yang akan digunakan oleh startup dan komunitas. PoC juga membangun fasilitas standar kantor, seperti receptionis, meeting room, dan Internet. Tak hanya soal bangunan fisik, PoC juga berusaha memfasilitasi dukungan profesional (mentoring dan kelas teknis) dan bagaimana caranya membuat jaringan bisnis (demo day dan roadshow).

Untuk menjadi startup yang akan diinkubasi, nantinya mereka perlu melewati tiga tahapan penyaringan, yaitu seleksi, inkubasi, dan kelulusan. Di dalam tahap seleksi, berbagai startup yang bergerak dalam bidang teknologi dapat mengirimkan dan mempresentasikan proposal yang berisi ide bisnis atau produk yang akan dikembangkan. Jika lolos dari tahap seleksi ini, maka startup akan diberikan kesempatan untuk mengikuti program inkubasi selama 6 bulan yang difasilitasi oleh PoC. Di akhir program inkubasi, startup diharapkan sudah memiliki suatu bisnis yang mapan dan sustainable.

Ini adalah fasilitas tempat bekerja ketiga untuk startup di Bandung, setelah sebelumnya kita mengenal HackerspaceBDG yang diprakarsai oleh Fowab (meski tak sepenuhnya berbentuk inkubator) dan Bandung Digital Valley (BDV). Fasilitas yang disebut kedua didirikan oleh raksasa telekomunikasi Telkom Indonesia sebagai inkubator untuk menjaring bibit-bibit unggul pendiri startup.

Pihak PoC sendiri menargetkan hingga akhir tahun ini bisa menginkubasi lima startup dan membangun komunitas bagi investor dan startup untuk saling berinteraksi. Penasaran ingin tahu lebih lanjut tentang PoC? Kami akan memperbarui informasi tentang PoC dan proses seleksinya saat soft launching-nya akhir pekan ini.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again