• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Satu Lagi Layanan Untuk Memajang Karya Kreatif: Kreavi.com

Satu Lagi Layanan Untuk Memajang Karya Kreatif: Kreavi.com

Posted by
Wiku Baskoro

April 25, 2012

Karya kreatif adalah salah satu hal yang bisa jadi menonjol di ranah lokal, apalagi dengan perkembangan sarana online, semakin banyak karya kreatif yang bisa kita lihat dan semakin banyak juga para insan kreatif yang mempublikasikan karya mereka di layanan web.

Jika sebelumnya layanan dari luar negeri yang digunakan sebagai ‘rumah’ karya-karya ini kini layanan lokal pun menyediakan fasilitas yang hampir serupa. Dulu kita saya pernah menuliskan KayaKarya atau atau ada juga layanan seperti CreativeTrees, kini ada layanan baru bernama Kreavi.com.

Saya bertemu dengan founder dan CEO layanan ini, Benny Fajarai pada acara Jakarta Startups Club beberapa waktu yang lalu, waktu itu dia mengatakan layanannya dalam tahap persiapan akhir untuk diperkenalkan ke publik, akhirnya Sabtu kemarin saya diberi kabar bahwa layanan ini telah memasuki masa live-beta dan telah bisa diakses oleh pengguna.

Seperti layaknya situs serupa yang menjadikan sarana bagi pengguna untuk menempatkan portofolio karya, Kreavi.com juga menyediakan beberapa fasilitas, seperti galeri kreasi visual serta ada pula fasilitas komunitas untuk pengguna berinteraksi.

Ada banyak kategori yang bisa dipilih pembuat karya untuk menempatkan karya mereka mulai dari Digital Art, Graphic & Interface Design, Traditional Fine Art, Photography, Film & Videography, Animation, Architectural Design dan Cartoon & Comics. Masing-masing kategori ini memiliki sub kategori yang memudahkan pengunjung melihat karya secara lebih spesifik.

Pengguna bisa mendaftarkan diri dan kemudian mengunggah karya mereka, membuat album, mengisi keterangan tentang karya termasuk kategori serta deskripsi, dan menambahkan watermark. Saat mencoba fasilitas di situs ini, ada dua pilihan fasilitas unggah, untuk file berupa gambar dan video.

Kreavi.com juga menyediakan poin dan badges yang bisa didapatkan pengguna dengan ketentuan tertentu. Misalnya poin akan didapatkan sesuai dengan jumlah kreasi visual dan like per kreasi yang diunggah, badges dan priviledges bisa didapatkan sesuai dengan poin tertentu. Fitur lain yang tersedia adalah fitur follow, pesan serta komentar di galeri lain serta notifikasi. Salah satu fitur yang bagi saya menarik adalah fitur interest and recommendation, dengan fitur ini pengguna dapat memilih minat dan ketertarikan masing-masing, nanti sistem di Kreavi akan memberikan rekomendasi dari karya yang ada di Kreavi sesuai dengan minat yang telah diatur sebelumnya oleh pengguna. Rekomendasi akan muncul ketika kita telah login, ada di bagian bawah halaman awal.

Dengan pertumbuhan internet yang membuka peluang untuk para kreator asal Indonesia menampilkan karya mereka serta semakin banyak juga karya-karya keren lokal yang patut untuk diapresiasi, peluang layanan seperti Kreavi.com memang terbuka lebar. Namun tentunya persaingan tidak hanya hadir dari situs lokal lain tetapi juga situs global. Tidak hanya persoalan komunitas yang harus ditumbuhkan, dibangun dan dipelihara namun juga value yang ditawarkan haruslah berbeda atau lebih dari layanan sejenis.

Akan menarik untuk melihat perkembangan selanjutnya, terutama lebih menarik lagi ketika anggota yang ada sudah cukup banyak, menjadi direktori dan tempat memajang karya memang menjajdi salah satu tujuan dari layanan seperti ini tetapi bagaimana membuat orang tetap mengunggah karya, dan bagaimana pengguna bisa mendapatkan manfaat membutuhkan strategi tersendiri, misalnya bagaimana cara menghubungkan para freelancer yang bergabung dengan layanan ini dengan para calon klien, atau mungkin membuat fasilitas marketplace bagi mereka yang membutuhkan, karena mungkin saja ada pengguna yang membutuhkannya namun di sisi lain ada juga yang hanya ingin menggungah karya tanpa ingin mendapatkan klien. Jadi ada fasilitas yang unik untuk setiap pengguna.

Anda bisa mengunjungi Kreavi.com untuk melihat berbagai fasilitas yang ada, bagi Anda yang ingin membaca perihal TOS, kebijakan privacy dan copyright bisa melihatnya di tautan ini.

Koreksi: Beberapa koreksi saya lakukan pada pada bagian awal tulisan tanpa mengubah makna artikel.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×