• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Review 

Satu Lagi E-Commerce Lokal: DuniaVirtual.com

Satu Lagi E-Commerce Lokal: DuniaVirtual.com

Posted by
Bonang Setoaji

June 9, 2011

Persaingan e-commerce di Indonesia semakin kian hangat dan seru. Setelah perusahaan e-commerce terbesar di Jepang yaitu Rakuten yang secara resmi meluncurkan Rakuten Belanja Online, dan beberapa e-commerce lainnya ikut meramaikan persaingan, salah satu penggiat e-commerce lokal lainnya adalah DuniaVirtual.com.

Ada beberapa fitur yang menarik dari DuniaVirtual menurut saya, salah satunya adalah pemisahan antara penjual dan pembeli secara spesifik sehingga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Jadi, pembeli akan memiliki halaman khusus dan begitu pula dengan penjual yang mereka juga akan memiliki halaman khusus (seperti sebuah toko) untuk menjual barang dagangan mereka.

Ketika kita register untuk menjadi member DuniaVirtual, maka ada dua pilihan yaitu mendaftar sebagai anggota biasa (buyer) dan mendaftar untuk membuat sebuah toko (store owner). Jika kita sudah membuat akun sebagai buyer dan kita ingin menjual barang di e-commerce ini, maka kita juga dapat mendirikan sebuah toko tanpa perlu register kembali. Untuk membuat sebuah toko, Anda tinggal menuju kemenu “DV-Account”, setelah masuk ke halaman tadi kemudian klik “Status Toko” untuk membuat sebuah toko, dan kita dapat memberi nama toko, barang yang kita jual, deskripsi toko kita, dan tentunya mendapatkan URL sub folder. Misalkan contoh toko yang sudah ada bernama “Samurai”, dan toko tersebut memberi URL sub folder menjadi http://www.duniavirtual.com/samurai, akan tetapi kita tidak bisa mengubah URL sub folder dikemudian hari.

Beberapa fasilitas dari DuniaVirtual yang menyediakan layanan layaknya mall online ini, seperti yang disebutkan di blog resmi mereka adalah DV Pay, DV Up, DV Point, DV SMS Alert. DV Pay merupakan fitur pembayaran resmi yang dimiliki oleh DuniaVirtual untuk mempermudah dan menambah keamanan saat bertransaksi, DV Up adalah fitur untuk menaikan produk agar berada di urutan pertama di halaman Home, DV Point adalah point rewards setiap kali sign in dan transaksi di DuniaVirtual yang dapat ditukarkan dengan voucher belanja yang dapat digunakan untuk berbelanja di DV Mall, DV SMS Alert yaitu fitur untuk memberikan notifikasi via SMS ketika pembeli maupun penjual melakukan sebuah transaksi.

Untuk metode pembayaran – DV Pay, pembayaran melalu rekening PT Dunia Virtual Online sebagai escrow, dan DuniaVirtual menjadi pihak ketiga yang menjembatani antara penjual dan pembeli. Jika transaksi antara pembeli dengan rekening DuniaVirtual berhasil maka, pihak DuniaVirtual akan memberitahukan kepada penjual bahwa pembayaran sudah diterima oleh DuniaVirtual dan saat itu juga penjual bisa melakukan pengiriman barang yang sudah dipesan oleh pembeli. Setelah barang sampai ditangan pembeli, maka pembeli harus mengkorfimasi penerimaan barang kepada DuniaVirtual, kemudian DuniaVirtual akan mentransfer uang kepada penjual. Sistem penjualan seperti ini cukup rumit, tetapi kemungkinan terjadi kecurangan atau penipuan sangat kecil.

Dari segi front-end DuniaVirtual cukup membantu dan mempermudah para pengunjung, pembeli, maupun penjual untuk melakukan pencarian atau transaksi barang di situs mereka. Meskipun UX maupun UI-nya cukup sederhana namun mudah dipahami oleh pengunjung. Akan tetapi dari segi back-end DuniaVirtual masih belum maksimal, ketika mencoba layanan mereka sebelum menuliskan artikel ini, situs e-commerce ini sempat down 5 sampai 10 menit. Jika member semakin bertambah dan traffic semakin tinggi, Apakah DuniaVirtual siap menghadapi server down lebih lama lagi??

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×