1. Startup

Layanan Les Privat Ruangguru Segera Sediakan Fasilitas Mengajar secara Online

Saat ini sudah tersedia beragam online marketplace yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan publik, mulai dari rumah, mobil, produk kecantikan, kebutuhan bayi, hingga keperluan menimba ilmu. Saat ini sudah tumbuh layanan online yang terkait kursus privat atau les keterampilan tertentu. Salah satu layanan di segmen ini adalah Ruangguru yang mengusung slogan "Belajar apa pun dari siapa pun".

Ruangguru menawarkan solusi untuk mencari guru les, dengan added value andalannya kelengkapan jenis keterampilan serta kemudahan. Saat ini Ruangguru menyediakan banyak subyek. Tak melulu pelajaran sekolah dari SD hingga SMA,  tetapi ada juga les berbau kesenian seperti tari dan musik hingga komputer. Jangan khawatir dengan kualitas guru les yang ditawarkan sebab kalau kita menilik situs dan memerhatikan profil guru-guru yang terdaftar semuanya telah terverifikasi.

“Selain memang tertarik dan passionate dengan dunia pendidikan, dan background akademis saya adalah bidang Pengembangan Pendidikan, kami melihat bahwa masalah yang hendak diatasi oleh Ruangguru adalah masalah yang nyata - dan kami alami sendiri. Kami lihat polanya juga terjadi pada banyak orang,” tutur co-founder Ruangguru Iman Usman.

Platform Ruangguru diakui Iman ditujukan secara nasional. Guru dari seluruh Indonesia bisa mendaftar untuk menawarkan jasanya. “Saat ini kami memiliki guru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, namun komposisinya sekitar 55 persen masih didominasi dari daerah Jabodetabek,” lanjut Iman.

Dari sisi siswa sendiri, menurut Iman, saat ini sekitar 75 persen masih terkonsentrasi di daerah Jabodetabek.

Mencari guru les melalui platform yang ditawarkan Ruangguru cukup dengan tiga langkah mudah. Langkah pertama adalah memilih guru yang sesuai kriteria. Pengunjug bisa memilih guru sesuai dengan demografi, jenis les, mata pelajaran, tarif, dan kategori gurunya. Guru bisa dipilih dari yang mahasiswa sarjana, pasca sarjana, guru sekolah, profesional dan lain sebagainya.

Langkah dua, pengunjung akan ditampilkan pilihan beberapa guru. Pengunjung bisa melihat profil guru-guru yang ditawarkan, lengkap dengan tarif perjam, kualifikasi, serta tak ketinggalan ketersediaan hari dan jadwal yang kosong.

Langkah ketiga adalah melakukan pemesanan dan bersiaplah untuk mengikuti kelas pertama Anda. Ada dua tawaran les yang diberikan, secara online mau pun tatap muka.  Iman menjelaskan kalau saat ini, seluruh kelas masih dilakukan secara tatap muka. Pembelajaran tatap muka dilakukan sesuai kesepakatan guru dengan murid.  Lokasinya bisa di rumah murid, kantor guru, kafe, atau kantor Ruangguru.

Mulai dari akhir bulan ini, guru bisa mengajar secara online. Sedangkan untuk  jam belajarnya biasanya disepakati antara guru dan murid. “Sesuai dengan permintaan belajar dari murid dan juga ketersediaan waktu guru. Jam belajar saat ini bervariasi antara 1-2 jam per pertemuan,” ujar Iman.

Lalu, bagaimana jika pengetahuan atau guru yang Anda inginkan belum tersedia? Tak apa-apa, input saja, pengelola nanti akan berupaya mem-follow up dan mencarikannya.

Meski dibarengi dengan idealisme, Ruangguru sebagai model bisnis ternyata cukup mejanjikan. Mereka baru saja mendapat suntikan dana investasi dari East Ventures. Dana yang diperoleh akan digunakan di beberapa sektor dengan prioritas untuk marketingrecruitment, pengembangan platform, dan community activation.

Tentang pemilihan East Ventures sebagai investor, Iman berkomentar, "Kami diperkenalkan oleh salah satu teman yang kebetulan juga merupakan portofolio East Ventures. Dari beberapa review yang diberikan oleh teman-teman yang pernah menjadi portofolio East Ventures (EV), responnya cukup baik. Kami pun melihat bahwa EV sebagai VC yang cukup tepat, utamanya bagi early-stage startup, karena EV bukan hanya memberikan bantuan pendanaan, tetapi juga mentorship, akses jejaring, dan forum-forum yang memungkinkan kolaborasi."

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again