1. Startup

Riselo Coba Tawarkan Konsep Social Marketplace

Sudah merupakan hal yang umum diketahui banyak orang bahwa platform jejaring sosial merupakan sarana yang cukup ampuh bagi setiap aktivitas jual-beli. Dengan banyaknya situs media sosial saat ini yang menawarkan beragam kelebihan, pernahkah membayangkan jika Facebook, Twitter, dan Instagram digabungkan menjadi membentuk sebuah marketplace? Hal tersebut saat ini diwujudkan oleh kehadiran Riselo – sebuah startup social marketplace baru yang masih kecil namun membawa fungsi yang sangat besar. Seperti apa layanannya?

Gentra Aditya Putra Ruswanda, founder dari Riselo yang juga sosok dibalik Vocalita menginformasikan kepada kami melalui keterangan tertulis bahwa Riselo adalah sebuah social marketplace yang menggabungkan nuansa media sosial ke dalam e-commerce marketplace. Dijelaskan, pada dasarnya Riselo mencoba mengubah dunia online marketplace saat ini yang bersifat statis (berbasis iklan) dan tidak bernuansa sosial, menjadi sebuah pasar online yang interaktif, ramai dan berprinsipkan komunitas.

Gentra mengakui, startup rancangannya tersebut terinspirasi dari tingginya aktivitas jual-beli di berbagai platform media sosial populer seperti Facebook, Twitter, dan Instagram namun diringkas menjadi satu platform yang menghadirkan fungsi media sosial berikut lengkap dengan fitur marketplace-nya yang hadir dengan desain yang simpel dan elegan layaknya Pinterest serta menawarkan pendekatan jalinan komunitas jual-beli di dalamnya.

Konsep tersebut tentunya didukung oleh sejumlah fitur yang mungkin telah akrab bagi banyak pengguna media sosial dan situs marketplace. Kembali diterangkan pada keterangan tertulis yang kami terima, Riselo menghadirkan fitur follow akun pengguna lain, melakukan komentar serta fungsi “Like”, melakukan chatting dengan teman sesama pengguna, dan juga menghadirkan fitur wishlist yang dapat digunakan untuk “window shopping” dari barang-barang yang disukai oleh pengguna dengan menyimpan item tersebut di dalam fitur ini. Untuk melengkapi fitur-fitur tadi, Riselo juga memberikan akses untuk pengguna mem-posting dagangannya di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan juga Instagram.

Kekuatan ekosistem media sosial yang menjangkau ke seluruh penjuru pengguna, membuat platform ini kerap dijadikan marketplace “dadakan” yang seringnya malah justru menguntungkan bagi pihak-pihak yang memanfaatkannya dibanding dengan situs marketplace pada umumnya. Kami sempat mengabarkan beberapa waktu lalu perihal sebuah riset yang menyatakan platform Instagram merupakan jejaring sosial yang paling diminati untuk berbisnis. Artikel tersebut menunjukkan bahwa platform media sosial dianggap ampuh untuk kegiatan bisnis yang tak hanya memfasilitasi jual-beli namun juga kegiatan bisnis lainnya macam advertisement, dan lain sebagainya.

Walau konsep Riselo bukan merupakan ide yang baru –karena telah ada Shopious sebelumnya– setidaknya kehadirannya mampu menunjukkan bahwa kekuatan ekosistem media sosial di Indonesia masih menjadi sarana yang diandalkan oleh banyak pengguna dalam menjajakan barang dagangannya kepada khalayak luas.

Saat ini Riselo masih dalam tahap pengembangan awal, yang artinya masih terus dipersiapkan oleh Gentra dan segenap tim pengembangnya. Tentu kami tak sabar ingin segera melihat hasil akhir dari pengembangan Riselo, tapi sebelumnya jika Anda penasaran ingin tahu lebih lanjut tentang Riselo, Anda dapat berselancar informasi lengkap lainnya di dalam tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again