1. Startup

RHoK #2 Jakarta Telah Selesai Dilaksanakan

Rangkaian kegiatan RHoK #2 yang digelar selama dua hari, 4-5 Desember kemarin di Jakarta akhirnya selesai. Setelah hackathon yang berjalan selama dua hari, acara yang digelar di  Australia-Indonesia Facility For Disaster Reduction (AIFDR) sebagai tuan rumah event yang dinamakan Random Hacks for Kindness (RHoK) #2 telah berhasil memilih pemenang yang dilakukan secara voting.

Acara yang berlangsung selama dua hari kemarin merupakan RHoK yang kedua, setelah acara RHoK #1, sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 5-6 Juni 2010 di Universitas Indonesia. RHoK #2 di Jakata kemarin dilaksanakan di AIFDR (Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction) di Menara Thamrin Suite 1505.

DailySocial juga hadir di sana, saya sendiri kebetulan hanya bisa hadir hari pertama, namun saya bisa melihat antusiasme para peserta yang berusaha untuk membuat solusi dari berbagai persoalan yang berhubungan dengan kemanusiaan. Saya juga sempat ngobrol ringan dengan beberapa peserta yang berasal dari Jogja, Bandung dan sebagian besar dari Jakarta. Anda bisa melihat video dari Rama pada hari pertama acara tersebut pada tautan ini.

Untuk pemenang RHoK #2 kali ini adalah tim yang terdiri dari Takdir dan Wa Oede Zuhayeni yang membuat tool untuk Disaster Streaming yang bisa menempatkan SMS, foto serta video YouTube atau live streaming pada peta yang terdapat di web. Seperti yang dijelaskan pada halaman Wiki RHok, Disaster Streaming ini di buat untuk menjawab dua pertanyaan penting, yang berkaitan dengan bencana, yaitu tentang bagaimana masyarakat serta para disaster manager mendapatkan berbagai informasi tentang bencana, dan yang kedua untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana masyarakat bisa ikut berperan juga dalam menyediakan berbagai informasi tentang bencana.

Tim yang terdiri dari sepasang muda mudi ini, yang sempat saya lihat begitu asik hacking di salah satu ruangan kemarin, dipilih oleh komunitas RHoK#2 Jakarta memalui sistem voting dan menjadi pemenang.

Berikut beberapa foto yang saya ambil pada hari Sabtu, yang memperlihatkan keasikkan para peserta hacking, sambil beberapa menikmati fasilitas makanan yang disediakan secara gratis dan jumlahnya cukup banyak :D.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan berbagai informasi lengkap acara RHoK #2 yang juga diselenggarakan secara bersamaan di beberapa negara lain, Anda bisa melihatnya di tautan ini, ini dan untuk berita pemenang RHoK #2 bisa dilihat di sini.

Selain dari beberapa foto yang saya tampilan di artikel ini, Anda juga bisa melihat galeri foto dan video dari acara RHoK #2 pada tautan ini dan ini.

Selamat pada pemenang, penyelenggara dan seluruh peserta, semoga kontribusi mereka yang menjadi esensi Random Hacks of Kindness, yaitu memecahkan masalah kemanusiaan melalui teknologi bisa ikut membantu siapa saja, khususnya permasalahan yang berkaitan dengan bencana di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again