1. Startup

Rencanakan Tur Perjalanan Secara Atraktif Dengan WisataBareng

Dalam perkembangan teknologi internet yang kian maju belakangan ini, perencanaan berplesiran kini segalanya dapat dilakukan lewat sistem online. Tak terkecuali dalam melakukan perencanaan perjalanan tur bersama teman-teman. Ialah WisataBareng, startup kreatif baru yang menawarkan pengguna solusi cepat untuk membantu Anda dan teman-teman mencari tur wisata secara lengkap dan tentu singkat.

Sesuai dengan namanya, WisataBareng mengajak Anda untuk jalan-jalan bareng ke berbagai spot wisata melalui agen tur. Dalam hal ini, WisataBareng merupakan sebuah situs yang secara atraktif meng-aggregate situs-situs online tour & travel agent di Indonesia untuk dikumpulkan secara interaktif agar perencanaan perjalanan bersama teman-teman dapat tepat sasaran, sesuai keinginan dan yang terpenting ngepas budget.

"Secara garis besar, WisataBareng adalah sebuah website pencarian (search engine web) yang berfungsi untuk mencari paket wisata berdasarkan spesifikasi yang kita inginkan seperti budget, waktu, dan tujuan wisata," ujar Hengky Mulyono, Co-Founder dari WisataBareng kepada DailySocial.

Ketika memasuki laman depan WisataBareng, Anda akan langsung disuguhkan oleh video yang akan menjelaskan maksud dan tujuan dari layanan WisataBareng. Dari sana saya menangkap, WisataBareng menghadirkan solusi cepat bagi pengguna yang ingin melakukan perencanaan perjalanan bersama satu grup dengan reservasi berbagai kebutuhan yang dirangkum secara detail seperti tanggal perjalanan, lokasi yang diinginkan, hingga perhitungan budget yang dapat disesuaikan.

Solusi cepat dalam hal ini ialah kunci layanannya yang terdapat pada layanan aggregate website-website situs travel online. Saya sempat mencoba laman live demo WisataBareng dalam tautan ini. Dan hasilnya, layanan WisataBareng layak untuk diperhitungkan.

Layanan utama dari situs yang dikembangkan oleh Binary-Project ini ialah ketika Anda mencari tujuan dan layanan tur wisata, Anda tidak diminta memasukkan satu per satu rencana perjalanan namun cukup dengan memasukkan salah satu dari tiga kebutuhan yang menjadi fokus utama orang dalam berplesiran. Apa saja? Yang pertama tentu lokasi mana yang ingin Anda dan teman-teman ingin kunjungi? Kedua ialah kapan grup Anda ingin lakukan perjalanan? Dan ketiga yang mungkin paling sering diperhatikan adalah berapa budget yang dimiliki?

Ketiga kolom pencarian ini tak harus diisi tiga-tiganya. Misalnya seperti ini, Anda dan kawan-kawan hanya memiliki budget sebanyak 5 juta rupiah dan ingin melakukan jalan-jalan bersama "geng andalan" ke pulau Bali. Tinggal isi saja kolom "Budget" dengan nominal budget Anda untuk kemudian WisataBareng menampilkan seluruh rencana perjalanan yang harganya berkisar sekitar budget grup Anda.

Fungsi lain seperti tujuan destinasi, hingga pengecekan tanggal keberangkatan juga dihadirkan dalam laman live demo WisataBareng. Agar lebih mudah dipahami, saya mencoba untuk mensimulasikannya sendiri. Saya dan teman-teman ex kuliah terdahulu, ingin berencana untuk berlibur dengan budget yang sangat ngepas yaitu berkisar sekitar Rp. 350.000. Setelah sepakat telah memiliki budget senilai tersebut, saya mencoba untuk memasukkannya ke dalam kolom budget dan hasilnya WisataBareng menampilkan sejumlah opsi dan penawaran dari berbagai tour & travel agent yang menawarkan beragam destinasi untuk kami dan teman-teman dapat kunjungi.

Saya sendiri mem-favoritkan fitur penyesuaian budget, karena biasanya hal itu yang menjadi perhatian besar ketika saya berencana untuk melakukan perjalanan baik itu solo traveller maupun bersama dengan teman-teman atau keluarga.

Apa yang ditawarkan oleh WisataBareng tersebut, menurut saya pribadi cukup untuk dikatakan sebagai startup travel kreatif yang menawarkan hal yang benar-benar baru dan menjawab solusi di tengah-tengah pengguna. Layanannya sendiri sepertinya cukup mampu untuk membuat banyak pengguna berulang kembali mengakses WisataBareng ketika berencana ingin mengadakan tur atau sekedar mengecek perbandingan harga antar tiap agen travel.

Saat ini, WisataBareng masih dalam tahap beta, hal itu berarti Anda saat ini belum dapat menggunakan layanannya secara utuh, namun  kembali disampaikan oleh Hengky Mulyono kepada DailySocial, ia dan segenap timnya tengah mengembangkan WisataBareng ke tahap lebih lanjut agar WisataBareng dapat segera dirilis secara penuh.

"WisataBareng sudah memasuki tahap development, kami proyeksikan bulan ke-2 atau ke-3 tahun 2014 akan fully launched, dan pengguna sudah bisa merasakan manfaat dan kemudahan mencari paket wisata dengan WisataBareng," paparnya.

 

[ilustrasi foto oleh: Shutterstock]

This Smart & Innovative channel is brought to you by Smartfren. Smartfren promotes Smart life through internet and mobile. For more information on product and solution provided by Smartfren, visit Smartfren website: http://www.smartfren.com/ like Smartfren Facebook Page, and follow @smartfrenworld

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again