1. Startup

Raksasa Marketplace Tiongkok Taobao Segera Ekspansi ke Indonesia

Kami memperoleh informasi bahwa layanan online marketplace C2C terbesar Tiongkok Taobao segera beroperasi di Indonesia. Saat ini Taobao telah memulai proses perekrutan untuk mengisi posisi-posisi kuncinya di sini. Taobao merupakan bagian dari Alibaba sebagai layanan e-commerce terbesar di Cina. Sebelumnya mereka telah meresmikan kehadiran Taobao di kawasan Asia Tenggara September 2013 lalu dengan pembukaan kantor regional di Singapura.

Kehadiran Taobao ini menyusul sejumlah perusahaan digital Tiongkok lain yang telah melebarkan sayapnya di tanah air, seperti Tencent, Baidu, dan Qihoo360. Tak bisa dipungkiri jika pasar Indonesia adalah pasar yang potensial untuk layanan belanja online seiring dengan semakin tingginya penetrasi pengguna Internet dan semakin baiknya infrastruktur pendukung seperti solusi pembayaran (payment gateway).

Selain bisnis marketplace, Taobao memiliki bisnis e-commerce B2C dengan entitas Tmall (Taobao Mall) dan layanan pencarian untuk belanja online dengan layanan eTao.

Taobao sendiri di negara asalnya menggunakan Alipay sebagai payment gateway yang disarankan dan disinyalir perluasan bisnis Taobao ke berbagai negara di Asia juga diikuti oleh perluasan pasar Alipay untuk meng-handle pembayaran online, terutama jika banyak berhubungan dengan konsumen dari Tiongkok. Di Indonesia sendiri, Alipay telah digunakan sebagai salah satu payment gateway oleh layanan pembelian tiket online maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Terkait dengan pasar marketplace yang semakin marak, Taobao nantinya akan berhadapan dengan Rakuten Belanja Online dari Jepang, Elevenia yang merupakan joint venture XL Axiata dan SK Planet Korea, dan layanan marketplace lokal seperti Tokopedia dan Bukalapak. Taobao juga secara tidak langsung akan bersaing dengan layanan e-commerce dan iklan baris lain, seperti properti-properti Rocket Internet, Tokobagus, ataupun Berniaga.

Belum ada informasi lebih lanjut tentang kapan Taobao akan resmi beroperasi dan apakah mereka akan menggandeng partner lokal atau tidak. Kami akan terus memberikan update terkait informasi terkini tentang hal ini.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again