1. Startup

Cari Tahu Informasi Gaji dan Pendapat Para Pegawai Tentang Berbagai Perusahaan di Indonesia di Qerja

Situs ulasan umumnya identik dengan tempat-tempat seperti lokasi hiburan, berbagai macam toko baik offline maupun online, restoran. Selain itu tentunya pada situs-situs e-commerce seperti iTunes Store, Windows Store, Google Play, dan Amazon selalu ada bagian ulasan yang terbuka bagi siapa saja yang telah mengunduh aplikasi, konten hiburan, buku, dan lain sebagainya untuk meninggalkan pendapat mereka tentang apa yang sudah mereka unduh. Mengapa tidak untuk tempat kerja? Untuk mengisi kekosongan ini, hadirlah Qerja, situs ulasan tempat bekerja yang terbuka bagi para pegawai dan mantan pegawai perusahaan-perusahaan yang terdaftar di situs tersebut.

Mencari kerja sudah identik dengan kehidupan manusia produktif di Indonesia. Tidak hanya untuk 7,39 juta orang Indonesia yang sedang menganggur, tetapi juga bagi para profesional yang sudah memiliki pekerjaan yang ingin mencari tempat bekerja yang lebih baik, atau sekadar ingin berganti suasanya kerja.

Situs-situs lowongan kerja memang cukup banyak di Indonesia, bahkan DailySocial sendiri memiliki ruang untuk para perusahaan yang sedang mencari pegawai baru, namun hingga saat ini tampaknya belum ada situs yang menunjukkan pandangan maupun pendapat para pegawai tentang tempat kerjanya. Hadirlah Qerja.

Para pengguna yang bergabung di komunitas Qerja ini bisa mendapat informasi lowongan pekerjaan, bahkan informasi lain termasuk ulasan dari mereka yang sudah pernah atau sedang bekerja di sana. Bisa jadi, skema informasi seperti ini, yang diberikan oleh sesama pekerja, lebih menarik dibanding informasi yang diberikan perusahaan itu sendiri.

Di situs Qerja para pengunjung bisa mendapatkan informasi seputar tempat kerja, gaji, serta ulasan kondisi kerja di berbagai perusahaan. Dalam keterangan yang diambil dari situs ini, Qerja memang merupakan sebuah komunitas berbagi informasi mengenai perusahaan yang berada di Indonesia.

Saat ini, Qerja memiliki database yang terdiri atas ribuan data gaji dan ulasan mengenai tempat kerja dari sumber yang paling akurat, yaitu dari karyawan yang masih atau pernah bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut.

Layanan ini gratis bagi pengguna yang ingin menggunakan jasanya, namun untuk mendapatkan akses penuh ke seluruh fitur Qerja, situs ini meminta kontribusi dalam bentuk ulasan atau informasi gaji mengenai perusahaan-perusahaan. Tentu saja, terutama bagi yang masih bekerja di perusahaan itu, tidak semua orang berani untuk memberikan informasi secara terang-terangan, karena itu informasi akan ditampilkan secara anonim.

Untuk menjaga agar seluruh informasi yang tersedia di Qerja dapat bermanfaat untuk para pengguna, dalam menuliskan ulasan ada beberapa pedoman yang diminta oleh pengelola. Pengguna diharapkan menuliskan komentar yang jujur mengenai perusahaan tempat bekerja sekarang atau sebelumnya dan juga, memberikan pandangan yang seimbang mengenai tempat kerja, seperti menuliskan hal-hal yang disukai dan hal-hal yang sekiranya dapat diperbaiki menggunakan bahasa yang santun, baik, dan benar. Hal ini agar ulasan dapat mudah dipahami oleh pengunjung situs Qerja yang kebetulan tertarik bekerja di sana. Tentunya Qerja mengharapkan para pengulas tetap menjaga rahasia perusahaan.

Ulasan yang diberikan sifatnya bermacam-macam, mulai dari  gaji dan tunjangan yang diberikan perusahaan, jenjang karir, keseimbangan hidup dalam dan liar pekerjaan, budaya kantor, dan manajemen seniornya. Selain ulasan, pengunjung Qerja dapat menyortir perusahaan berdasarkan gaji.

Meski situs ini menyebutkan cakupannya adalah seluruh Indonesia, nampaknya, melalui penelusuran Daily Social, untuk saat ini Qerja baru memiliki informasi yang luas dan berarti untuk wilayah Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, dan Bali. Tentunya semakin banyak pengguna Qerja, semakin banyak pula jumlah perusahaan dan informasi gaji dan kondisi tempat kerja yang dapat dihadirkan.

Jika apa yang ditawarkan Qerja terdengar familiar, memang ini bukan situs pertama yang menyajikan informasi dan ulasan mengenai tempat-tempat kerja. Di Amerika Serikat sudah ada Glassdoor yang hadir sejak tahun 2007 dan sejak tahun 2012 memulai ekspansi internasionalnya. Selain itu masih ada sejumlah situs lain yang menawarkan hal yang sama seperti Vault.com, Salary.com, dan PayScale.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again