1. Startup

PriceArea.com, Portfolio Terbaru East Ventures [Updated]

Akhirnya berita yang dikabarkan Rama melalui tweet-nya tadi siang muncul juga. Inilah startup lokal terbaru yang mengumukan proses akuisisifunding mereka, PriceArea.com. Melalui email, PriceArea.com menjelaskan bahwa mereka kini telah resmi bergabung dengan perusahaan investasi asal Singapura yang berfokus pada investasi pada beberapa startup, sebagian besar asal Indonesia.

Yup, siapa lagi kalau bukan East Ventures. PriceArea kini bergabung dengan East Ventures secara resmi, pada tanggal 13 Oktober 2010. PriceArea akan bergabung bersama 4 startup lain yang telah lebih dulu diakuisisi mendapatkan funding oleh East Ventures, yaitu Tokopedia, Urbanesia, Apps Foundry serta Foound.

PriceArea.com yang juga pernah dibahas di DailySocial, merupakan sebuah mesin pencari belanja yang memberikan layanan pencarian untuk membantu para pembeli online dalam menemukan barang serta membandingkan harga dari berbagai barang tersebut, PriceArea juga membandingkan harga dari berbagai toko online seperti TokoBagus, Tokopedia, Juale dan berbagai toko online lain.

Selain sebagai mesin pencari belanja, PriceArea juga menyediakan halaman khusus bagi para pengguna sebagai sarana untuk membentuk komunitas belanja Indonesia, yang berguna untuk berjejaring dan berbagai informasi mengenai dunia dan aktifitas belanja.

AkuisisiFunding yang dilakukan merupakan proses 'akuisisi parsial', yang berarti tidak berarti seluruh saham dari perusahaan PriceArea dimiliki oleh East Ventures, ini mirip yang dijalankan oleh Urbanesia. PriceArea juga menjelaskan bahwa langkah akuisisifunding ini adalah untuk meng-inkubasistartup mereka dengan tujuan untuk menjadi mesin pencari belanja nomor satu di Indonesia, East Ventures akan terlibat secara teknis serta dalam pengambilan keputusan untuk memastikan proses bisnis berjalan lancar.

East Ventures yang juga mengadakan acara Jakarta Ventures Night dan Bandung Ventures Night memang cukup aktif mencari startup untuk diberikan investasi, kedekatan antara PriceArea dengan East Ventures sebenarnya sudah saya lihat pada acara Bandung Ventures Night beberapa waktu yang lalu, namun rilis resmi baru diumumkan hari ini.

Menarik untuk melihat perkembangan selanjutnya dari proses akuisisi funding ini, karena kalau melihat penjelasan PriceArea, East Ventures akan terlibat secara teknis, apakah ini berarti mereka akan memfokuskan diri pada ranah mobile, mengingat salah satu founder East Ventures, Wilson Cuaca memiliki pengalaman di dunia mobile development, atau bantuan teknis yang diberikan akan berupa pengembangan pada komunitas PriceArea, sesuai dengan konsep mereka, yaitu selain sebagai mesin pencari juga berfungsi sebagai situs jejaring untuk para shopper.

Ok, mari kita lihat eksekusi pengembangan apa yang akan oleh PriceArea setelah bergabung dengan East Ventures, disisi lain saya mencoba bertanya pada pihak PriceArea tentang nilai akuisisifunding mereka, semoga mereka bisa memberitahukan informasi tentang persentase saham yang diakuisisi kini dimiliki East Ventures serta berapa nilai investasinya, meski saya sadar kemungkinannya kecil informasi ini bisa diberikan pada publik.

Update: Terima kasih untuk Andre dan Ken atas koreksi penggunaan istilah akuisisi pada kolom komentar, artikel telah diperbaiki dengan penambahan beberapa kata tanpa mengubah arti tulisan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again