1. Startup

Pouch, Kartu Loyalti Digital Untuk Gantikan Daily Deals

Perusahaan asal Singapura, Easy Touch Group, merilis aplikasi bernama Pouch Sabtu kemarin. Pouch adalah sebuah kartu loyalti digital untuk banyak merchant sekaligus. Ini menjadi kesempatan bagi konsumen untuk mendapatkan berbagai hadiah dari merchant langganannya tanpa harus membawa kartu loyalti setiap merchant tersebut kemana-mana.

Program loyalti berfungsi seperti kebalikan program daily deals. Jika pada program daily deals konsumen mendapatkan bonus atau diskon pada saat pertama kali datang ke sebuah merchant, program loyalti baru akan memberikan diskon atau hadiah kepada konsumen setelah datang beberapa kali ke merchant tersebut. Biasanya, konsumen akan mendapatkan stiker atau stempel pada kartu loyalti untuk sebagai tanda setiap kali mereka bertransaksi di merchant tersebut.

Dengan Pouch, kartu loyalti dan stempel tersebut disimpan dalam smartphone konsumen yang tentunya selalu dibawa kemana-mana. Dengan menggunakan aplikasi ini, konsumen dapat memperoleh keuntungan berupa kesempatan untuk mendapatkan berbagai bonus dan atau diskon dari merchant langganan. Bagi merchant, kartu loyalti adalah salah satu media marketing yang bagus untuk menjadikan konsumen sebagai pelanggan sekaligus menarik konsumen baru.

Saat ini, ada 15 merchant yang ada mall Central Park, Jakarta dan 3 merchant lain. Tidak hanya restoran, ada juga merchant salon dan fashion yang bekerja sama dengan Pouch. Pouch mengaku akan bekerja sama dengan lebih banyak merchant dan segera menjangkau seluruh wilayah Jakarta. Semakin banyak dan semakin terkenal merchant yang bekerja sama dengan Pouch  tentunya akan menarik konsumen untuk menggunakan aplikasi ini.

Cukup Banyak Merchant Terdaftar

Aplikasi Pouch tersedia untuk Android dan BlackBerry. Untuk Android, aplikasi Pouch mendukung hingga Android 2.1 Eclair. Aplikasi ini sepertinya tidak membutuhkan spesifikasi smartphone yang sangat canggih untuk menjalankannya. Hal ini membantu aplikasi ini agar bisa menjangkau lebih banyak pengguna dengan berbagai macam smartphone Android.

Sepertinya aplikasi ini mengambil tema Western ala koboi Texas dengan warna utama coklat. Kesan tersebut juga saya dapatkan dari slot machine bergaya retro yang ada pada salah satu fitur game aplikasi ini. Namun, saya agak terganggu dengan tulisan di beberapa tempat yang menurut saya terlalu kecil.

Dari segi bisnis, Pouch memulai dengan cukup bagus karena telah mampu bekerja sama dengan beberapa merchant yang cukup terkenal, setidaknya berdasarkan parameter bahwa saya juga kenal meskipun saya bukan termasuk anak mall. Beberapa diantaranya yakni Dairy Queen, Warung Leko dan Calais Tea. Dalam rilis beritanya, Pouch juga mencantumkan nama Shabu Tei, namun merchant ini tidak saya temukan dalam aplikasi untuk Android.

Aplikasi Pouch mudah digunakan dan saat ini telah bekerja sama dengan cukup banyak merchant. Jika salah satu merchant tersebut adalah langganan Anda, tidak ada salahnya Anda mengunduh aplikasi ini untuk mendapatkah diskon dari merchant tersebut. Jika nanti Pouch berhasil bekerja sama dengan lebih banyak merchant termasuk merchant besar dan terkenal, kesempatan untuk berhasil cukup besar. Program loyalti digital ini dapat menggantikan bisnis daily deals yang sudah mulai meredup.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again