1. Startup

Hadirnya Porteegoods Menandakan Semakin Maraknya Usaha Sepatu Custom-Made

Pemanfaatan media digital untuk memacu pertumbuhan bisnis kini telah banyak dilakukan oleh para pelaku usaha, termasuk menyediakan layanan pre-order yang cepat dan mudah. Porteegoods, yang diluncurkan pada akhir tahun 2012, merupakan salah satu yang hadir dengan menyediakan layanan pre-order sepatu berkualitas tinggi yang bisa disesuaikan dengan keinginan, langsung dari situsnya.

Porteegoods sendiri sebenarnya berencana menghadirkan kategori lain yaitu tas dan aksesoris namun saat ini tampaknya fokus masih dipusatkan pada produk sepatu yang dijualnya dengan sistem pre-order, sedangkan ketersediaan produk-produk lain masih belum disiapkan dan belum dikabarkan kapan akan mulai hadir. Berbagai informasi yang tersedia di situsnya pun masih merujuk kepada pemesanan dan produksi sepatu dibandingkan produk lain.

Melakukan pre-order sepatu di Portegoods tergolong mudah. Untuk memesan sepatu, Portegoods mengajak konsumen untuk pada awalnya memilih antara tiga jenis sepatu, yaitu Derby, Chukka, dan Boots. Setelah memilih jenis sepatu yang diinginkan, situs ini sudah menyiapkan beberapa pilihan penyesuaian mulai dari bahan dasar sepatu, warna, sol, serta ukuran yang disesuaikan dengan jenis kelamin.

Pemesan tinggal melakukan mix 'n match dari pilihan bahan sepatu yang ada sesuai keinginan. Live preview dari sepatu yang akan dipesan pun hadir dalam bentuk animasi. Portegoods sendiri mengklaim sepatu yang dipesan akan siap dalam dua sampai tiga minggu dan juga menggratiskan ongkos kirim selama alamat pengiriman berada di Indonesia.

Harga sepatu tentunya bervariasi tergantung dari model sepatu yang dipesan, sayangnya, harga tersebut baru akan diinformasikan kemudian melalui email, tidak langsung tertera pada halaman perancangan sepatu. Ada kekuatiran bahwa hal ini akan menjadi halangan bagi pemesan untuk melanjutkan pembelian, namun pada halaman FAQ diinformasikan bahwa harga sepatu dimulai dari Rp 550 ribu dan produksi akan dimulai setelah pembayaran awal sebanyak Rp 200,000 telah diterima oleh Portegoods.

Layanan pre-order seperti yang ditawarkan oleh Porteegoods tentu hal yang menarik dan masih jarang dilakukan oleh pelaku bisnis serupa yang biasanya menerima desain pre-order melalui foto atau gambar yang dikirimkan oleh pemesan. Dengan konsep mix 'n match dari bahan-bahan yang ada, Porteegoods berusaha menjembatani keinginan pemesan yang tak mendapatkan gambar atau foto sepatu yang diinginkannya. Tentu saja dengan konsep pemilihan bahan, warna hingga model yang dapat disesuaikan dengan keinginan pemesan, Proteegoods berusaha menghadirkan kesan eksklusif dalam setiap produknya.

Live Preview yang hadir dalam bentuk animasi sebenarnya kurang bisa memberikan gambaran akurat mengenai bentuk sepatu asli yang dipesan, namun foto produk tersedia di Facebook page Portegoods serta di galeri di situsnya.. Tentu saja, jika tak sesuai dengan keinginan maka pemesan bisa mengirimkan keluhan, namun Portegoods mengingatkan bahwa mereka membuat sepatu sesuai pesanan dan tidak dapat mengembalikan uang yang telah dibayarkan.

Tren toko produk busana custom-made seperti ini tampaknya akan mulai meningkat dengan populernya produk-produk yang dihadirkan. Masing-masing pemain di bidang ini pun akan dengan sendirinya saling berlomba menyajikan pilihan, model, gaya, dan layanan yang memiliki nilai tambah untuk dapat meningkatkan daya saing dan daya tarik di mata para konsumen. Maka dari itu, yang diperlukan oleh para pengusaha bisnis ini adalah peningkatan pengenalan produk dan brand di masyarakat agar mereka dapat membuka pasar yang lebih luas untuk memastikan pertumbuhan usahanya.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again