1. Startup

Portal Berita Masih Dominasi Situs Lokal Paling Populer di Indonesia Tahun 2013 Versi Opera Mini

Melalui laporan berkala State of The Web, Opera menginformasikan bahwa situs lokal paling populer di Indonesia tahun 2013 yang diakses melalui Opera Mini adalah portal berita Detik. Portal berita mendominasi 10 besar situs-situs lokal terpopuler ini, dengan forum dan media sosial Kaskus menduduki posisi kedua. Tokobagus menjadi satu-satunya situs berbau e-commerce yang masuk dalam daftar ini dan berada di posisi kedelapan.

Meskipun mulai dikejar oleh (native) browser Android, Opera Mini masih mendominasi penggunaan mobile browser di Indonesia dan laporan yang dihasilkannya tentu signifikan dalam menggambarkan jenis situs apa saja yang sering dikunjungi masyarakat digital kita. Dalam jajaran negara pengguna Opera Mini terbanyak, jenis situs lokal Indonesia yang masuk ke dalam sepuluh besar terhitung masih jauh dari klasifikasi variatif.

Delapan situs terpopuler dengan kategori media menunjukkan tidak banyak jenis situs lokal yang mampu mendatangkan traffic secara terus-menerus seperti halnya portal berita ini. Dengan jumlah pengguna Internet di Indonesia mencapai 70 juta lebih dan semakin menjamurnya produk-produk startup anak negeri, masih menjadi tanda tanya apakah bakal ada situs dengan genre e-commerce, pencarian ataupun media sosial yang mampu menyeruak ke dalam daftar ini. Tak heran jika pembuatan portal berita di Indonesia, suka ataupun tidak suka, masih menjadi primadona sebagai mesin pengais pendapatan di dunia maya.

India misalnya, memasukkan tiga situs e-commerce di dalam sepuluh besar situs paling populer. Selain itu terdapat pula situs berkategori portal pencarian, situs olahraga dan situs berbau seluler/mobile content di jajaran ini. Cina bahkan lebih ekstrim, di mana sepuluh besar situs terpopulernya didominasi oleh situs pencarian dan situs e-commerce. Sedangkan di Rusia, situs-situs media sosialnya menumbangkan hegemoni layanan serupa yang berasal dari Amerika Serikat.

Fakta yang ditampilkan oleh Opera Mini menunjukkan bahwa produk digital Indonesia harus bisa lebih berkompetisi untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Semoga di tahun 2014 bakal muncul lebih banyak lagi situs-situs selain portal berita dalam jajaran sepuluh besar situs terpopuler di Indonesia.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again