1. Startup

PinkEmma Buka Fasilitas Chat to Buy Bersama KakaoTalk

Toko fashion PinkEmma menawarkan cara baru untuk berbelanja. Dengan menggandeng aplikasi mobilemessaging asal Korea Selatan KakaoTalk, PinkEmma membuka layanan berbelanja langsung melalui chatting dengan layanan yang disebut “Chat to Buy”. Layanan ini selain memberikan pengalaman berbelanja terbaru, juga dikatakan telah meningkatkan transaksi volume penjualan harian bagi PinkEmma.

Langkah PinkEmma kali ini bisa jadi merupakan langkah yang sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Iwan Tantra selaku CEO PinkEmma kepada kami di tahun 2013 lalu.  Kala itu, Iwan Tantra sempat mengatakan bahwa layanan chat yang diimplementasikan oleh pelaku e-commerce sangat dibutuhkan untuk menggaet first time online shopper. Apa yang disampaikan oleh Iwan kemudian diwujudkan dengan menghadirkan layanan Chat to Buy bersama KakaoTalk.

Dengan adanya Chat to Buy, pihak PinkEmma mengaku telah meraih peningkatan yang signifikan dalam hal penghasilan harian, dan bahkan sempat memberikan peningkatan transaksi harian hingga lebih dari 50%. Pada masa uji coba layanan Chat to Buy yang dilakukan selama tujuh pekan terakhir, PinkEmma mencatat peningkatan pemesanan barang hingga 552%.

Menurut siaran pers, PinkEmma “menumpang” fitur Plus Friend yang terdapat pada KakaoTalk untuk memuluskan fitur Chat to Buy. Dalam fitur ini, PinkEmma melakukan  berbagai promosi produk dan menerima pesanan dari pengguna melalui interaksi dalam chat room Plus Friend.

Untuk dapat menikmati fitur ini, pengguna diharuskan untuk menambahkan akun PinkEmma sebagai teman di KakaoTalk. Setelah itu, pengguna bisa mengakses chat room yang tersedia dan langsung dapat memesan produk dengan cara memasukkan kode produk yang nantinya akan direspon secara langsung oleh bot admin yang akan mengkonfirmasi serta memberikan informasi mengenai detil pembelanjaan.

Untuk proses pembayarannya sendiri, sayangnya dari layanan ini PinkEmma masih mengandalkan cara pembayaran konvensional dengan melalui transfer antar rekening bank. Walau begitu, setidaknya proses pemesanan produk PinkEmma menjadi lebih mudah dengan adanya layanan Chat to Buy.

"Di PinkEmma kami percaya bahwa Indonesia membutuhkan pendekatan dan implementasi perdagangan elektronik yang unik. Kerja sama dengan KakaoTalk adalah awal dari semua itu. Kami senang bahwa dengan akun Plus Friend PinkEmma di KakaoTalk, pengguna memperoleh manfaat dari kemudahan akses perdagangan elektronik. Singkat kata, dengan Plus Friend PinkEmma di KakaoTalk, pemesanan sekarang semudah mengirim SMS, " ujar Iwan Tantra dalam siaran pers.

Lewat kerja sama antara PinkEmma dengan KakaoTalk ini, industri e-commerce Indonesia bisa dikatakan memasuki babak baru dalam strategi penjangkauan konsumen secara luas. Pendekatan lewat layanan mobile messaging menurut saya pribadi cukup tepat dilakukan, mengingat konsumen Indonesia beberapa tahun terakhir telah akrab dengan “belanja online” yang biasa dilakukan melalui grup BlackBerry Messenger, sebuah praktek yang hingga kini masih sering ditemui.

Berdasarkan perilaku konsumen tersebut dan hasil uji coba yang dilakukan oleh PinkEmma, tampaknya peningkatan penjualan secara konsisten dalam beberapa waktu ke depan bukan menjadi hal yang sulit bagi PinkEmma.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again