1. Startup

Pesan Taksi Menggunakan Aplikasi

Mari kita berbicara tentang aplikasi. Sudah agak lama kami tidak mengulas aplikasi untuk perangkat bergerak dalam beberapa waktu ini, jadi mungkin ini waktu yang tepat untuk melakukannya. Seperti yang kita tahu, beberapa waktu yang lalu BlueBird Group merilis aplikasi untuk pesan taksi bagi pengguna BlackBerry, kemudian diikuti untuk Android dan iOS. Aplikasi ini merupakan bagian dari strategi grup ini untuk melayani pelanggan mereka yang sangat mobile, serta yang lebih penting adalah untuk mengurangi beban sistem pemesanan lewat telepon yang sudah sangat padat.

Jika Anda pernah memesan taksi lewat telepon di Jakarta, maka Anda akan mengetahui betapa sulitnya untuk melakukan hal ini. Jika taksi tidak bisa diberangkatkan dalam lima menit, biasanya BlueBird akan memberitahu Anda lewat telepon setiap lima menit kecuali Anda membatalkannya. Aplikasi dari BlueBird ini masih dalam taraf beta dan hanya bisa digunakan di wilayah Jakarta meski BlueBird Group beroperasi juga di beberapa kota lain. BlueBird mengatakan bahwa akan secara bertahap merilis layanan ini untuk kota lain dalam kurun waktu satu tahun ke depan.

Menggunakan aplikasi mempermudah proses pemesanan taksi dan mengeliminir kesulitan yang berarti. Meski aplikasi ini bukan merupakan aplikasi paling keren serta tidak bagus secara estetika, aplikasi ini memberikan layanan dasar yang cukup baik untuk mendapatkan taksi secara cepat.

Saya telah memesan taksi sekitar 20 kali menggunakan aplikasi ini dan respon pemesanan taksi cukup fenomenal. Di area perumahan, saya selalu mendapatkan kiriman taksi dalam waktu 2 menit. Waktu terlama yang pernah saya dapatkan untuk menunggu adalah 15 menit dan hanya terjadi sekali.

BlueBird mengatakan bahwa aplikasi ini lebih ditujukan untuk area perumahan, karena di lingkungan komersil seperti kantor, hotel, pusat perbelanjaan serta mall, mereka lebih memfokuskan kepada antrian taksi. Tentunya tidak adil juga bagi taksi yang sudah antri untuk mendapatkan penumpang jika aplikasi ini digunakan di area tersebut, kecuali jika memang tidak ada taksi sama sekali.

Cara Menggunakan Aplikasi

Ketika pertama kali mengakses aplikasi, akan muncul halaman T&C yang cukup panjang, Anda perlu untuk melewatinya sebelum masuk ke proses registrasi. Pada proses registrasi Anda akan diminta untuk mengisi nama, tanggal lahir serta nomor telepon. Anda juga akan ditanya tentang alamat email, namun tidak wajib diisi. Aplikasi membutuhkan konfirmasi nomor telepon lewat SMS yang berarti tidak akan bekerja untuk iPod Touch dan iPad. Saya sendiri belum mencoba apakah memungkinkan untuk mengakali aplikasi ini dengan menggunakan telepon lain untuk menerima SMS dan memasukkan kodenya ke iPad atau iPod Touch.

Jika Anda ingin memilih tipe taksi yang diinginkan, ada pilihan untuk berbagai tipe seperti regular, eksekutif atau taksi premium yang disediakan oleh BlueBird Group. Tentu, setiap tipe memiliki tarif yang berbeda.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan beberapa alamat berbeda untuk memudahkan pemesanan dan dengan bantuan GPS akan memudahkan pengiriman taksi menuju lokasi dimana Anda berada secara akurat. Setelah Anda melakukan pemesanan, Anda akan meneriman konfirmasi pemesanan dan setelah taksi dikirimkan maka Anda juga akan mendapatkan informasi tentang nomor taksi. Anda bisa melacak lokasi taksi lewat peta yang tersedia, meski tidak diperbaharui secara otomatis. Anda harus melakukan reload secara manual untuk melacak posisi taksi tersebut.

Setelah Anda memasuki taksi yang dipesan, aplikasi ini akan mengirimkan ucapan terima kasih dan akan memindahkan pesananan Anda pada tab History. Jika ingin, Anda juga bisa menghapus seluruh data History dari pemesanan taksi Anda. Anda juga bisa membatalkan pemesanan taksi dengan melakukan swipe pada aplikasi - jika Anda menggunakan versi iPhone.

Kesan Secara Keseluruhan

Selama berhubungan dengan proses pemesanan taksi, saya sangat suka dengan aplikasi ini, namun masih banyak yang bisa ditingkatkan. Misalnya, aplikasi ini bisa mencantumkan pilihan untuk melacak taksi secara otomatis alih-alih secara manual. Aplikasi ini juga seharusnya dapat menerapkan sistem notifikasi untuk memberitahu jika taksi telah datang, karena jika tidak maka supir taksi akan harus mencari Anda dan memberitahukan kalau taksi yang dipesan telah tiba.

Saat ini aplikasi ini juga tidak dapat menerima secara spesifik tujuan yang diinginkan, kecuali untuk Bandara Soekarno Hatta, namun hal ini tidak terlalu mengganggu dan mungkin tidak terlalu penting juga karena supir tetap akan mengantarkan Anda ke tujuan.

Perbaikan juga bisa dilakukan untuk tampilan T&C yang muncul di awal dan menggantinya dengan tautan, toh hanya tampil sekali ketika start awal proses registrasi. Akan lebih menyenangkan jika tampilannya tidak dimunculkan.

Secara keseluruhan, aplikasi ini memudahkan untuk mendapatkan taksi di Jakarta, saya berharap semua perusahaan taksi lain juga memiliki aplikasi seperti ini.

Satu hal lagi. Dalam satu-dua tahun terahir, para pengemudi BlueBird Group memiliki reputasi yang sangat buruk dalam hal pengetahuan jalan. Beberapa dari mereka seperti dipilih dan didatangkan begitu saja ke kota besar tanpa memiliki pengetahuan tentang seluk beluk jalan di Jakarta dan bagaimana mencapai gedung-gedung utama meskipun berada dalam satu area jalan yang sama (misalnya dari Sahid Hotel ke Grand Indonesia).

Untungnya, pengemudi yang dikerahkan untuk melayani pemesanan lewat aplikasi adalah pengemudi yang lebih senior dan mereka lebih tahu tentang berbagai gedung utama, perumahan dan lokasi umum di Jakarta lain, yang berarti, kemungkinan mereka menanyakan bagaimana caranya mengarah ke Blok M, ke penumpang mereka, mendekati nol.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again