1. Startup

Peran Penting Operator Telekomunikasi Bantu Memperkenalkan Aplikasi Buatan Pengembang

Bagaimana sebuah aplikasi disosialisasikan ke pasar untuk memperoleh pengguna lebih banyak merupakan salah satu hal mendasar yang sangat penting bagi pengembang. Terlepas kegunaan dan fungsinya, rasanya nyaris percuma jika keberadaan suatu aplikasi bahkan tidak diketahui oleh pengguna yang membutuhkannya. Salah satu solusinya disediakan oleh pihak yang erat kaitannya dengan penggunaan smartphone itu sendiri, yaitu vendor perangkat dan penyedia jasa layanan telekomunikasi.

Pihak telekomunikasi dapat merangkul tim pengembang dengan menyediakan wadah mempromosikan aplikasi-aplikasi mereka seperti yang dilakukan oleh Telkomsel. Sebagai penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia yang dapat diandalkan, mereka mengajak para pengembang aplikasi lokal untuk bekerja sama melalui Teman Dev.

Pelanggan Telkomsel yang jumlahnya terbesar di Indonesia merupakan kesempatan besar untuk memperkenalkan produk dalam skala nasional. Terlebih lagi jika aplikasi yang dikembangkan sangat menarik dan dicari oleh masyarakat. Telkomsel bisa saja memberikan keistimewaan untuk pelanggan mereka yang ingin mencoba aplikasi tersebut dengan memberikan fitur-fitur yang tidak disediakan provider lain. Kolaborasi ini membawa keuntungan bagi kedua belah pihak.

“Developer memang selalu kesulitan untuk menemukan siapa yang menggunakan aplikasi mereka. Di satu sisi, telko memiliki jalur tersebut. Memanfaatkan telko dapat membantu developer menggapai pasar yang lebih besar, Teman Dev menjembatani developer ke user dengan lebih cepat.” ucap Fachry Bafadal, Managing Director OneBit Media. OneBit Media sendiri memiliki beberapa aplikasi terdaftar di Teman Dev. Aplikasi-aplikasi mereka kini lebih dikenal masyarakat dengan engagement yang dilakukan Telkomsel pada pelanggannya di seluruh tanah air.

Seirama dengan Fachry Bafadal, Adhicipta R. Wirawan selaku pendiri Mechanimotion mengungkapkan bahwa kolaborasi dengan operator telekomunikasi bisa dibilang penting. Salah satu aplikasi besutan mereka adalah Garuda Riders yang telah diunduh puluhan ribu kali menurut Google Play Store. Setelah berkolaborasi dengan Teman Dev, promosi dan publikasi menjadi lebih mudah. Tidak hanya aplikasi menjadi lebih dikenal, nama tim pengembang berkesempatan melambung. Hal ini memperindah portofolio untuk kepentingan jangka panjang developer.

Berbicara tentang proyek berjangka, Adhicipta berpesan untuk para pengembang agar memikirkan secara matang dan maksimal sebelum berkolaborasi. Ada baiknya pengembang dan Telkomsel selaku penyelenggara fokus terhadap target yang ingin dicapai. Tidak hanya berakhir sebagai proyek jangka pendek saja, tetapi dapat terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Tidak hanya Telkomsel, Samsung juga memberikan kesempatan bagi pengembang lokal yang ingin berkolaborasi agar tidak hanya puas bersaing di level nasional, tetapi juga mampu menunjukkan aplikasi Indonesia hingga ke tingkat Asia. Melalui Indonesia Next App (INA), Samsung bekerja sama dengan Telkomsel menantang pengembang untuk mengkompetisikan aplikasi terbaik mereka. INA menyediakan sejumlah uang tunai dan gadget sebagai hadiah, serta penawaran istimewa setelah acara ini selesai.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

 

-

Artikel ini merupakan bagian rangkaian ajang Indonesia Next App. DailySocial bekerja sama dengan Samsung dan Telkomsel mengajak Anda berpartisipasi di Indonesia Next App, sebuah kompetisi pencarian aplikasi Android terbaik di Indonesia untuk bersaing di kancah Asia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again