• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Penggalangan Dana Wikipedia Capai 16 Juta Dollar Agar Layanan Tetap Gratis-Bebas Iklan

Penggalangan Dana Wikipedia Capai 16 Juta Dollar Agar Layanan Tetap Gratis-Bebas Iklan

Posted by
Wiku Baskoro

January 3, 2011

Awal tahun baru ini berita muncul dari Wikimedia Foundation yang merupakan organisasi pusat untuk layanan seperti Wikipedia, Wikitionary, Wikibooks serta berbagai layanan lain yang masih dalam satu organisasi.

Wikimedia Foundation telah berhasil menggalang dana untuk mendukung operasional mereka sebesar 16 juta dollar. Dana ini didapatkan dari dukungan lebih dari 500.000 individu yang menyumbangkan uang kepada yayasan non-profit tersebut.

Dari penjelasan resmi mereka, penggalangan dana untuk menutup biaya operasional tahun 2011 ini merupakan penggalangan dana terpendek yang sukses dalam sejarah penggalangan dana Wikimedia. Hanya dalam 50 hari, jika dirata-ratakan, donasi yang diberikan sebesar $22 dari setiap individu, yang tersebar di 140 negara, jumlah ini lebih besar dari jumlah individu yang ikut penggalangan dana tahun 2009 sebesar 230.000 pendonor.

Bagi yang mencari konten serta sumber rujukan atau informasi di internet, Wikipedia menjadi salah satu sumber data yang bisa diandalkan, saya pikir perubahan juga terjadi dari cara pandang para pengguna internet, termasuk kalangan akademisi tentang Wikipedia. Saya masih ingat dulu mencantumkan sumber rujukan dari Wikipedia itu seperti dilarang dalam tanda kutip, meski memang rujukan tetap tidak bisa hanya dari satu sumber saja serta rujukan dalam bentuk teks fisik masih dianjurkan, namun peran Wikipedia tidak bisa lagi dihilangkan dalam dunia internet saat ini, jumlah kontributor serta sistem kontribusi konten yang diberikan juga terus diperbaiki.

Sebagai situs kolaborasi konten yang diawasi oleh sekitar 400.000 orang, kebenaran serta informasi yang ada didalamnya juga semakin diawasi dengan lebih baik. Seperti yang dikatakan oleh Jimmy Wales, founder dari Wikipedia,“Wikipedia is a public resource created and maintained by hundreds of thousands of volunteers, relied on by over 400 million people and paid for by half a million donors. It’s truly user-created, supported and maintained.”

Dengan ditutupnya penggalangan dana tahun 2010, Wikipedia, yang disebutkan sebagai situs web kelima paling banyak dikunjungi di dunia yang bebas dari iklan serta didanai oleh pengguna dan pembacanya ini, akan memasuki masa perayaan ulang tahun yang kesepuluh pada tanggal 15 Januari 2011, dan akan menyediakan t-shirt Wikipedia edisi khusus yang dikustomisasi dalam 200 bahasa, tersedia dengan donasi minimun $25 sampai dengan tengah malam 15 Januari 2011 (UTC).

Dana 16 juta dollar yang telah dikumpulkan ini akan digunakan untuk membayar biaya teknologi yang dibutuhkan agar situs-situs Wikimedia berjalan dan tersedia untuk semua orang, kemudian untuk mendukung program yang membuat Wikipedia lebih mudah digunakan, serta berbagai program untuk mengajak lebih banyak lagi orang yang ikut berpartisipasi dan berkontribusi, dan tentunya untuk menjaga agar Wikipedia tetap bebas iklan.

Sebagai pengguna Wikipedia (bukan hanya karena nama alias saya wikupedia :D ) ini berita baik, selain sebagai salah satu contoh situs kolaborasi terbesar, Wikipedia telah membantu banyak orang, termasuk saya sendiri, bisa jadi bukan sebagai sumber utama dalam mencari data, namun Wikipedia telah menjadi semacam pintu awal bagi pencari informasi sebagai tempat untuk mendapatkan bahan rujukan dalam melengkapi data.

Untuk melihat pengumuman dari Wikipedia bisa dilihat di tautan ini, dan untuk membaca ucapan terima kasih dari Jimmy Wales, Anda bisa membacanya di sini.


 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×