1. Startup

Pemrograman Mobile dan Pencetakan 3D Jadi Pekerjaan Freelance Paling Berkembang di Awal Tahun 2014

Freelancer sebagai layanan crowdsourcing pekerjaan terbesar di dunia mengungkapkan hasil analisisnya tentang tren pekerjaan untuk bisnis kecil bertajuk Freelancer Fast 50. Mengambil lebih dari 270.000 pekerjaan sebagai populasinya, pemrograman mobile dan pencetakan 3D menjadi pekerjaan freelance paling berkembang di awal tahun 2014. Selain itu pekerjaan yang berkaitan dengan penulisan dan konten masih menjadi primadona.

Menurut informasi yang kami peroleh pekerjaan 3D Rendering dan Ghostwriting mengalami pertumbuhan lebih dari 40% dibanding periode yang sama tahun 2013. Pekerjaan yang berkaitan dengan "mobile phone", Android, iPhone, Objective C bertumbuh lebih dari 30%, sedangkan 3D Animation dan 3D Modeling mengikuti pekerjaan 3D Rendering dan berada di jajaran sepuluh besar. Pengembangan di platform Android sekarang lebih dicari ketimbang untuk iPhone, meskipun secara volume jumlah pekerjaan untuk kedua platform ini masih dominan.

Berbicara soal volume, jumlah pekerjaan yang berkaitan dengan bidang-bidang tradisional freelancer masih mendominasi. Pekerjaan dengan headline HTML, Software Architecture, WordPress, Graphic Design, dan Logo Design masih menjadi penyumbang pekerjaan terbesar dengan jumlah pekerjaan dalam satu kuartal rata-rata melebihi 10 ribu pekerjaan.

CEO Freelancer Matt Barrie dalam rilis persnya menyebutkan, "Data Freelancer Fast 50 adalah indikator unggulan untuk tren pekerjaan online yang terkait dengan industri, teknologi, produk, dan perusahaan."

Jumlah pekerjaan berbau freelance yang semakin meningkat menimbulkan tanda tanya, apakah freelance merupakan tren masa depan untuk pekerjaan. Menurut data terbaru di Amerika Serikat, satu dari tiga orang angkatan kerja (sekitar 42 juta orang) di negara tersebut merupakan freelancer. Hal ini yang mengurangi jumlah pengangguran meskipun pekerjaan penuh waktu sempat sulit dicari di sana. Jumlah freelancer Indonesia yang terdaftar di layanan Freelancer saat ini mencapai 300 ribu dan tidak ada keraguan bahwa jumlah itu bakal terus meningkat.

Membicarakan tentang Freelancer tak lengkap jika tiada berita akuisisi. Freelancer juga mengumumkan bahwa perusahaan tersebut telah mengakuisisi Warrior Forum, marketplace & komunitas pemasaran Internet terbesar di dunia dengan lebih dari 732.000 anggota.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again