1. Startup

PasarTwitter - FJB Untuk Twitter

Hari ini melihat sebuah kegiatan yang sangat menarik di Twitter, sebuah kegiatan rutin yang secara kreatif dibawa ke Twitter. Jual-beli online, tentu saja langsung mengingatkan saya akan FJB (Forum Jual Beli) milik Kaskus yang merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual. Meskipun dengan fitur yang sangat seadanya, namun FJB ini sukses menjadi sala satu e-marketplace yang terbesar di Indonesia. Hal ini yang mungkin membuat beberapa user Twitter ingin membawa proses jual-beli ke Twitter

Adalah Bellamy Budiman dari Neuro Designs dan rekannya David Widyanto yang memutuskan untuk mengembangkan PasarTwitter sebagai pet-project mereka. Sebelumnya Bellamy juga mengembangkan Infolalulintas, salah satu aplikasi berbasis Twitter untuk informasi lalu lintas.

Cara kerjanya-pun cukup mudah, yang pasti sebelumnya anda harus sudah menjadi pengguna Twitter. Anda cukup mengirimkan update berupa reply atau DM (direct message) ke @pasartwit mengenai informasi barang yang anda jual, bisa include foto/nomor hp/spesifikasi singkat atau apapun asalkan cukup 140 karakter. Jangan lupa juga bubuhkan hashtag sesuai dengan layanan yang sesuai : #jual#beli#cari#jasa atau #sewa

Langkah selanjutnya, @pasartwit akan me-retweet update dari anda untuk memastikan semua follower @pasartwit mendapatkan informasi anda dan juga informasi tersebut akan diagregasikan ke situs pasartwitter.com. Dan langkah terakhir anda bisa langsung kontak dengan penjual via reply atau DM. Sampai disinilah peranan pasartwitter berakhir, memang sangat sederhana dan fleksibel karena berfungsi hanya sebagai media atau comblang dari pembeli dan penjual.

Untuk sementara ini website pasartwitter.com sudah live namun belum aktif karena masih berada dalam tahap pengembangan. Menurut Bellamy situs pasartwitter diperkirakan akan mulai aktif minggu depan. Kalau soal rancangan interface, buat saya Bellamy sudah tidak perlu diragukan lagi. Karya-karyanya memang selalu tampil apik dan nyaman digunakan.

Konsep pasartwitter ini sangat keren, dimana pasartwit menyediakan ruang untuk pengguna Twitter untuk bertransaksi. Mengingat jumlah pengguna Twitter dari Indonesia yang mencapai 700.000 pengguna tentu menjadi pertimbangan tersendiri untuk memulai pasartwit. Namun Bellamy sendiri mengakui pasartwitter belum mendatangkan revenue karena masih berupa pet-project saja. Kalau boleh melihat sedikit dari FJB Kaskus, salah satu fitur yang cukup krusial adalah fitur reputasi. Reputasi inilah yang bisa membantu pembeli menilai calon penjual, kalau reputasinya jelek tentu jadi ragu-ragu untuk membeli, dan begitu pula sebaliknya dengan penjual. Belum tahu sih di PasarTwitter akan mengadopsi fitur ini atau tidak, kita lihat saja nanti.

Ya, itu sedikit saran dari saya. Ayo, utarakan masukan, saran dan kritik anda untuk PasarTwitter di kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again