1. Startup

YouTube Akan Izinkan Penonton Menikmati Video Secara Offline

YouTube mengumumkan melalui blog YouTube Creators & Partners pada hari Rabu (18/9) bahwa mulai akhir tahun ini para penonton YouTube akan dapat menonton berbagai macam video yang tersedia di situs tersebut secara offline melalui aplikasi mobile-nya. Tidak seperti aplikasi-aplikasi yang melanggar ketentuan YouTube, pilihan menonton offline ini dibatasi ke aplikasi mobile resmi YouTube dan kabarnya hanya untuk rentang waktu 48 jam.

YouTube menyatakan pengembangan terbaru ini merupakan salah satu langkah dalam menambah jumlah viewer dari berbagai channel yang ada di YouTube. Pada halaman tersebut tertulis, “Kami selalu mencari cara untuk mendatangkan lebih banyak penonton untuk konten Anda. Sebagai bagian dari upaya tersebut, di akhir tahun ini kami akan meluncurkan fitur baru pada aplikasi mobile YouTube yang akan membantu pengguna dapat tetap menikmati sajian video dari kami walau sedang tak terhubung dengan koneksi internet.”

Dari keterangan tersebut, fitur ini hanya akan tersedia pada perangkat mobile. Berkaitan dengan waktu peluncurannya, The Verge melaporkan bahwa fitur terbaru dari situs yang beberapa waktu lalu dilaporkan meluncurkan layanan kanal berbayar ini akan hadir pada bulan November mendatang.

Fitur ini disediakan tidak secara langsung yang berarti para pemilik konten harus memberikan izinnya terlebih dahulu dengan menentukan apakah video milik mereka dapat ditonton secara offline, sama seperti pilihan yang mereka miliki untuk memberikan akses tonton melalui perangkat mobile. Entah atas alasan apa, tidak semua pemilik konten mengizinkan pentonton untuk menikmati videonya melalui perangkat mobile.

Peraturan resmi YouTube sampai saat ini masih melarang pengunduhan dan penyimpanan video-video apapun yang disediakan melalui YouTube dan pengumuman ini belum mengubah peraturan tersebut. Seperti dijelaskan oleh YouTube, layanan baru ini dihadirkan agar penikmat video dapat tetap menonton video yang yang ingin ditonton walaupun ketika akses Internetnya terganggu. Menurut AllThingsD, video yang diunduh akan dapat ditonton secara offline dalam rentang waktu 48 jam. Tentunya untuk menonton video yang telah dipilih setelah masa tersebut berakhir harus membutuhkan koneksi Internet kembali.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again