1. Startup

Nokia Umumkan Layanan Streaming Mix Radio dan Menambahkan Koleksi Lagu Di Nokia Music Store

Tak ingin tertinggal dari pesaingnya, Nokia Indonesia secara resmi telah mengumumkan akan menambah perbendaharaan koleksi lagu di layanan Nokia Music Store menjadi berjumlah 18 juta lagu. Penambahan koleksi lagu tersebut dibarengi dengan peluncuran layanan music streaming Mix Radio yang dapat dinikmati oleh pengguna perangkat Nokia Lumia dengan tipe tertentu.

Dikutip dari rilisan resmi Nokia Indonesia, terhitung sejak tanggal 27 Agustus 2013 mendatang, layanan streaming musik gratis yang menawarkan lebih dari 150 mix atau daftar lagu yang disusun oleh tim Nokia sendiri ini akan dapat dinikmati oleh pengguna perangkat Nokia Lumia dengan tipe tertentu dan juga Nokia Asha di Indonesia.

Dengan Nokia Music, pengguna dapat menikmati koleksi lagu melalui jaringan internet baik melalui layanan data maupun koneksi wi-fi. Yang membedakan dari layanan streaming lagu lainnya, Mix Radio akan memperbolehkan pengguna untuk mengunduh empat kumpulan favoritnya yang berdurasi total sekitar 8 jam tanpa jeda untuk dapat didengarkan ketika sedang tidak terkoneksi dengan internet (offline).

Fitur ini tentu berguna bagi mereka yang ingin menikmati kumpulan lagu favoritnya namun sedang tidak dapat mengakses Internet, seperti jika sedang dalam penerbangan atau tidak mendapat signal data. Pengguna Mix Radio dapat membuat kumpulan lagu sendiri dengan memilih tiga artis favorit untuk dapat didengarkan di lain waktu. Uniknya, Pengguna bahkan dapat menggunakan koleksi musik mereka sendiri untuk membuat sebuah profil musik yang benar-benar pribadi.

“Para pengguna Nokia di Indonesia memiliki gairah terhadap konten hiburan mobile, khususnya musik. Dengan menyediakaan jutaan lagu lokal dan internasional bagi pengguna Nokia di Indonesia, kami benar-benar meningkatkan pengalaman hiburan,” ujar William Hamilton-Whyte selaku Presiden Direktur Nokia Indonesia.

Ia juga menambahkan Nokia Music diproyeksikan akan menjadi salah satu wadah bagi perkembangan musik Indonesia lewat kolaborasinya dengan berbagai pelaku industri musik Indonesia. “Lewat kolaborasi dengan label musik dalam negeri, Nokia Music juga akan menjadi wadah untuk industri musik di Indonesia semakin berkembang”, tambahnya.

Pihaknya memang secara serius ingin menggarap Nokia Music menjadi salah satu platform penyedia layanan toko musik digital yang mumpuni dan mampu menyaingi pesaing lainnya yang memiliki layanan yang serupa seperti iTunes, serta Google Play Music. Hal ini dapat ditandai dengan koleksi Nokia Music Store yang selalu dipastikan tersedia secara up to date dengan bekerjasama oleh label-label musik baik dari lokal maupun internasional.

Layanan aplikasi Nokia Music dan Mix Radio rencananya nanti akan tersedia di beberapa device Nokia Lumia yang berbasis Windows Phone 8 dan juga model lama seperti Nokia Lumia 900, 800, 710 dan juga 610 serta tak ketinggalan tipe tertentu dari Nokia Asha juga dapat menikmati layanan ini. Aplikasi ini tersedia secara gratis melalui Windows Phone Store.

Berkaitan dengan diluncurkannya layanan Mix Radio tersebut, Nokia juga secara resmi telah mengumumkan akan mulai menutup layanan berlangganan Nokia Music Unlimited yang telah lebih dahulu hadir menyapa pengguna device smartphone Nokia. Walau begitu, pengguna Nokia Asha 200, 300, 302, 305, 306, 311, dan Nokia Lumia 610 dan 900 yang terdaftar di Nokia Music Unlimited masih dapat menikmati download musik tanpa batas hingga 26 Agustus 2013 nanti.

Bersaing dengan iTunes dan layanan Google Play Music (yang hingga kini belum masuk Indonesia) Nokia Music Store bisa saja jadi salah satu pesaing yang kuat jika dilihat dari pertumbuhan pengguna Nokia Lumia berikut dengan Windows Phone-nya yang lumayan menanjak belakangan ini. Dan tak lupa, platform Nokia Asha juga dapat menjadi faktor perkembangan Nokia Music Store dalam persaingan ke depannya.

[update] Nokia Mix Radio dan Nokia Music Store akan dapat dinikmati oleh seluruh pemilik Nokia Lumia yang menggunakan sistem operasi Windows Phone 8 dan juga Windows Phone 7 kecuali Lumia 510. Untuk golongan Asha, model 305, 306, 308, 309, 310, 311, dan model-model Nokia Asha yang akan diluncurkan setelahnya juga akan dapan menikmati Mix Radio.

Selain itu, Mix Radio sebelumnya telah diluncurkan di beberapa negara lain di antaranya Amerika Serikat, Rusia, dan India. Untuk Indonesia, Nokia bekerja sama dengan belasan label musik lokal serta Warner Music, Sony Music, dan Universal Music.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again