• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Nokia Maps Kini Bisa Diakses dari iOS dan Android

Nokia Maps Kini Bisa Diakses dari iOS dan Android

Posted by
Amir Karimuddin

July 26, 2011

Meskipun induknya saling berkompetisi, Nokia Maps berhasil membuktikan dirinya mampu untuk melepas ketergantungan produknya dengan nama Nokia. Melalui blog post-nya, Nokia Maps kini bisa diakses dari ponsel berbasis iOS dan Android melalui mobile browser yang sudah mendukung teknologi HTML5. Nokia Maps untuk mobile web [secara beta] sudah diperkenalkan di ajang Where 2.0 Conference bulan April lalu,

Anda yang ingin mencobainya tinggal mengakses laman http://maps.nokia.com. Pastikan handset yang digunakan adalah minimal iOS4 untuk iPhone dan Android 2.2 atau 2.3 untuk yang berbasis Android. Ketersediaan teknologi GPS secara built-in tentu akan sangat membantu. Meskipun teknologi yang digunakan adalah HTML5, tidak ada informasi spesifik apakah layanan tersebut dapat diakses sempurna menggunakan BlackBerry Browser yang juga sudah mendukung HTML5 [BlackBerry 6].

Meskipun secara default baik iOS maupun Android sudah memiliki Google Maps sebagai penyedia layanan lokasi, nampaknya Nokia Maps sudah siap dengan persaingannya. Ada enam fitur unggulan yang dikemukakan oleh Nokia tentang produknya ini:

  1. Anda dapat mengetahui di mana Anda berada di peta, terima kasih kepada dukungan HTML5 untuk positioning
  2. Anda dapat menemukan alamat, tempat bisnis, dan tempat menarik lainnya, di manapun di dunia ini
  3. Anda dapat mengetahui hal-hal tentang suatu tempat: semua informasi esensial tentang tempat tersebut ditampilkan dalam satu halaman [gambar, review pengguna, deskripsi panduan perjalanan populer, informasi kontak]
  4. Anda dapat merencanakan rute tercepat ke tujuan Anda dengan mobil atau berjalan kaki
  5. Anda dapat melihat arah layanan transportasi publik, dan di mana saja  kendaraan tersebut berhenti
  6. Anda dapat berbagi tempat-tempat favorit dengan teman Anda melalui SMS, email, Facebook atau Twitter

Dari sejumlah komentar yang tampil di post-nya, nampak banyak hal yang harus dibenahi oleh Nokia Maps, meskipun demikian buat saya ini suatu kemajuan bagi Nokia Maps yang tidak hanya bisa dinikmati oleh pengguna Nokia saja tapi juga pengguna platform lainnya. Dengan keterbukaan ini, pembuka platform lain bisa melihat bagaimana perbandingan Nokia Maps dan Google Maps [atau misalnya Bing Maps] dan manakah yang lebih lengkap dan unggul untuk lokasi-lokasi yang sering dikunjungi oleh penggunanya.

Nokia Maps didukung oleh Navteq yang dibeli oleh Nokia di bulan Oktober 2007. Navteq merupakan perusahaan yang dominan dalam penyediaan informasi berbasis Sistem Informasi Geografis [SIG -- atau GIS dalam singkatan Bahasa Inggris]. Selain Nokia Maps, data yang di-supply oleh Navteq juga digunakan oleh perangkat GPS seperti Garmin, NDrive, ataupun Yahoo! Maps dan Bing Maps.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×