1. Startup

Nikahnya Perbanyak Pilihan Template Desain dan Segera Buka Layanan Berbayar

Di zaman digital seperti sekarang ini, hampir semua kebutuhan bisa dilakukan secara online. Undangan pernikahan pun dapat dibuat tanpa kertas dan disebarkan secara online lewat situs pembuatan situs undangan pernikahan gratis. Salah satu startup yang menggeluti bidang ini adalah Nikahnya. Setahun setelah berdiri tanggal 26 September 2013, situs ini melakukan perombakan dan berbagai peningkatan layanan.

Kini Nikahnya menyajikan fitur utama yang membuat pengguna dapat memilih template desain. Selain itu situs ini kini menyediakan versi berbayar sebagai salah satu unsur monetisasinya. Dengan layanan baru ini, pembuatan undangan di situs ini makin mudah dan cepat karena template-nya sudah tersedia. Tak hanya foto calon pengantin, sang calon pengantin juga bisa menuliskan rangkuman singkat sejarah cinta mereka.

Ini menjadi sangat menarik, apalagi jika ingin mengundang kawan lama yang sudah jarang bersua. Tamu yang diundang bisa mendapat informasi singkat tentang awal pertemua mempelai hingga akhirnya mengikat janji.

Selain itu, sangat lazim jika terjadi lebih dari satu resepsi pernikahan di negeri ini, apalagi bagi yang masih menikah dengan ritual adat istiadat asalnya. Nah, di undangan online ini pengguna juga bisa menambahkan lebih dari satu informasi resepsi yang akan diselenggarakan dalam satu undangan.

Tahun lalu, situs ini  hanya menyediakan satu buah template desain dasar. Saat ini Nikahnya telah menambahkan lebih banyak template desain yang bisa dipilih sesuai dengan seleranya. Template desain yang baru memiliki lebih banyak pilihan warna.

Proses pembuatan undangan sangat singkat karena pengguna tak perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah selesai, pengguna dapat meyebarkan tautan tersebut kepada tamu-tamu undangannya, baik melalui media sosial maupun melalui layanan messenger. Setelah menyebarnya, mempelai juga bisa langsung menanyakan bila undangan telah diterima atau belum.

Untuk segmen berbayarnya, Founder Nikahnya Hariawan Bangun Saputra menjelaskan, “Untuk yang gratis kita kasih domain-nya romeojuliet1230 dengan tambahan empat angka random di belakangnya. Sedangkan untuk berbayar domainnya menjadi romeojuliet tanpa empat angka random.”

Selain segmen berbayar, Bangun melanjutkan bahwa monetisasi Nikahnya lainnya bisa didapat dari pembelian template khusus, namun statusnya masih pengembangan. Bangun juga berharap nantinya bakal memperoleh pendapatan lain dari iklan. “Karena traffic pengunjung dari Nikahnya terbilang lumayan, harapannya nanti akan dibuka pemasangan iklan di Nikahnya,” ungkap Bangun.

Bangun mengatakan saat ini situs Nikahnya secara total telah melayani 500 pengguna, peningkatan lebih dari dua kali lipat dari hanya 200 pengguna di tahun yang lalu. Untuk traffic, ia menambahkan bahwa pengunjung situsnya mencapai sekitar 500 orang setiap hari.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again