1. Startup

Mozilla Rilis Marketplace, Bawa Aplikasi Web Selangkah Lebih Jauh

Mozilla ikut bersaing dalam pertarungan aplikasi berbasis web dengan merilis marketplace-nya sendiri. Versi awal dari marketplace yang diberi nama Mozilla Marketplace saat ini memiliki sekitar 200 aplikasi berbasis web yang dapat diinstal dan digunakan di berbagai sistem operasi: Windows, Mac, dan Linux. Beberapa aplikasi yang terkenal seperti Evernote, Springpad, Jolicloud, dan Lord of Ultima dapat ditemukan dalam marketplace tersebut.

Mozilla Marketplace mengingatkan pada Chrome Web Store, namun jika Chrome Web Store menyediakan dan menjadi tempat bagi pengguna untuk mencari aplikasi dan extensions yang berbasis browser, Mozilla Marketplace seolah-olah mengubah aplikasi web menjadi aplikasi desktop.

Seperti ditulis oleh Liliputing, ketika menginstal salah satu aplikasi dalam Mozilla Marketplace ke sebuah komputer Windows, aplikasi tersebut akan tampak pada daftar program yang diinstal di Control Panel. Aplikasi tersebut juga mempunyai shortcut di Start Menu dan bahkan dapat dibuat icondesktop-nya.

Jika dijalankan, aplikasi tersebut akan membuka satu jendela Mozilla Firefox terpisah. Yang membuat aplikasi tersebut tampak semakin lebih mirip dengan aplikasi desktop adalah, tidak semua menu pada Firefox muncul dalam jendela tersebut.

Semua aplikasi dalam Mozilla Marketplace dapat diunduh dan diinstal hanya dengan menggunakan Mozilla Firefox terbaru, Firefox Nightly. Peramban web ini tersedia dalam versi Windows, Linux, Mac, bahkan untuk Android. Namun, belum ada informasi apakah aplikasi yang terdapat dalam Mozilla Marketplace ini dapat dijalankan dalam gadget berbasis Android semisal tablet.

Mozilla Marketplace ini memungkinkan pengembang untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat dijalankan dalam berbagai platform. Dengan menggunakan teknologi yang telah dikenal seperti  HTML5, CSS, dan JavaScript, pengembang dapat membuat sebuah aplikasi web yang bisa melakukan apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi desktop.

Untuk mencoba aplikasi pada Mozilla Marketplace, Anda dapat mengunduh Firefox Nightly pada halaman ini kemudian mengunjungi Mozilla Marketplace di sini. Untuk pengembang yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi untuk Mozilla Marketplace, Anda dapat mencari informasi selengkapnya pada halaman ini.

[Sumber gambar]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again