Berita 

Mobile Video Makin Bergairah, YouTube dan Facebook Bereaksi

Mobile Video Makin Bergairah, YouTube dan Facebook Bereaksi

Posted by
Rama Mamuaya

July 3, 2009

Semenjak dirilisnya iPhone 3GS beberapa waktu lalu, rupanya banyak video baru yang diunggah dari perangkat besutan Apple ini. Bahkan YouTube melaporkan upload video via mobile meningkat 400% sejak iPhone 3GS dirilis, dan lebih dari setengahnya berasal dari perangkat iPhone 3GS.

YouTube-pun langsung bereaksi dengan  meningkatkan kapasitas unggah video-nya dari 1GB menjadi dua kali lipat (2GB). YouTube juga menambahkan fitur embed High-Quality video dan direct link ke situs lain. Rupanya behaviour dari pengguna YouTube mulai sedikit berubah dengan mulai banyaknya pengguna yang mengunggah konten video High Definition. Sebab itu YouTube-pun memutuskan untuk memfasilitasi pengguna-pengguna ini.

Facebook juga tidak mau kalah dalam kompetisi video host ini, sebagai situs jejaring sosial terbesar di dunia Facebook menerima ribuan video baru yang diunggah penggunanya setiap jam. Hampir 40% dari video-video tersebut menggunakan web-cam, namun pertumbuhan pengguna yang mengunggah video via mobile ternyata meningkat dan fakta ini harus dipertimbangkan oleh Facebook.

Facebook mengklaim akan merilis iPhone App untuk ber-facebook-ria tidak lama lagi, dan bahkan kabarnya dengan iPhone app ini anda diijinkan untuk mengunggah video langsung dari iPhone 3GS anda. Hal ini tentu ber-sinergi langsung dengan fakta statistik yang menunjukkan bahwa publisher video “amatir” makin banyak.

Bagaimana dengan Indonesia? Apakah trend-nya akan sama? Akankah mobile video upload menjadi trend dalam waktu dekat?

Saya pikir sih bisa saja, toh makin banyak orang yang memiliki smartphone namun keterbatasan lagi-lagi ada pada bandwith untuk layanan web luar negeri. Itu menurut saya, menurut anda?

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×