• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita  Event 

Mobile Games Developer War 2 Selesai, Nokia Persiapkan Mobile Games Developer War 3

Mobile Games Developer War 2 Selesai, Nokia Persiapkan Mobile Games Developer War 3

Posted by
Andi Miftachul

February 27, 2012

Mobile Games Developer War 2, rangkaian acara lomba pengembangan game yang diselenggarakan bersama oleh Agate Studio dan Nokia, telah selesai diselenggarakan. Minggu lalu, acara tersebut telah mengumumkan juaranya. Berturut-turut sebagai juara pertama sampai ketiga, seperti yang dikutip dari Kompas adalah Creacle dengan game Virtual Pet, Elventales Games dengan game Sky Express, dan Own Games yang membuat game Beyond the Well.

Untuk menentukan juara event kali ini, yang digunakan adalah jumlah unduhan yang dilakukan oleh pengguna. Menurut Narenda Wicaksono, Developer Outreach Manager, Nokia South East Asia, dalam sebuah wawancara singkat melalui email, konsep ini dipilih karena Nokia ingin memastikan keterikatan masyarakat dalam rangkaian kegiatan kali ini.  Jika pada gelaran Mobile Games Developer War pertama masyarakat hanya bisa menonton acara live coding sebagai ‘hiburan’, pada Mobile Games Developer War kedua ini, sekitar 1,5 miliar pengguna Nokia di seluruh dunia bisa ikut berpartisipasi langsung dalam memilih pemenangnya.

Meskipun pemenang hanya ditentukan oleh jumlah unduhan yang dilakukan oleh masyarakat, tetapi Narenda menjamin kualitas games yang dihasilkan dalam Mobile Games Developer War. Apalagi, sejalan dengan program Nokia, konsep Mobile Games Developer War akan terus dikembangkan sehingga makin lama bisa makin membawa pengembang games pemula menjadi lebih profesional.

Meskipun menurutnya event kali ini berlangsung lebih baik dibandingkan event Mobile Games Developer War yang pertama, Narenda memastikan Nokia akan melakukan evaluasi dalam setiap acara yang diselenggarakan agar event selanjutnya dapat berlangsung lebih baik lagi. Konsep Mobile Games Developer War juga akan terus dikembangkan sejalan dengan program-program Nokia dalam rangka mentransformasi pengembang pemula agar bisa menjadi lebih profesional.

Narenda menginformasikan bahwa Mobile Games Developer War 3 akan digelar dalam waktu dekat. Sekedar bocoran, Anda yang tinggal di sekitar Bandung, Yogyakarta, dan Malang bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti roadshow-nya di kota-kota tersebut. Mobile Games Developer War 3 akan menyasar target peserta mulai developer pemula, menengah, sampai yang semi-profesional.

Jika Anda berminat untuk berpartisipasi, Anda perlu mempersiapkan sebuah tim yang minimal terdiri dari dua orang, 1 orang designer dan 1 orang developer. Kemudian, perkuat tim Anda tidak hanya dengan keterampilan teknis dalam pengembangan games, tetapi juga memperhatikan masalah pasar dan masalah-masalah non-teknis lainnya. Siapa tahu Anda akan bisa mencapai acara final Mobile Games Developer War 3 yang rencananya akan dilaksanakan di kota Malang.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×