1. Startup

Meski Belum Optimal, Spot List Coba Kembalikan Kejayaan Social Bookmarking

Kehadiran forum diskusi online memang bukan hal yang baru. Kaskus, Indowebster adalah beberapa contoh forum diskusi online yang hadir lebih dahulu dan cukup dikenal di kalangan pengguna Internet di Indonesia. Spot List yang hadir dengan konsep social bookmarking, mirip Reddit atau Digg, coba menghadirkan forum diskusi online baru bagi para pengguna Internet di Indonesia.

Situs Spot List sendiri nampaknya belum benar-benar berjalan dengan optimal. Halaman About yang seharusnya berisi informasi mengenai Spot List masih dalam tahap pengembangan. Sebagai properti online yang baru, jumlah posting yang terdapat di sini pun masih tergolong sedikit dan kebanyakan di-posting oleh admin dan bukan dari pengguna Spot List. Juga masih belum ditemukan komentar dari pengguna Spotlist di thread yang ada.

Spot List menyediakan akses login menggunakan Facebook dan Twitter bagi penggunanya. Walaupun pengguna dapat login menggunakan Twitter atau Facebook, Situs ini tetap meminta email pengguna untuk mendaftar di situsnya.

Berkonsep seperti Reddit, pengguna yang telah mendaftar dapat langsung memberikan komentar di thread yang ada. Sistem upvote dan downvote juga terdapat di Spot List. Pengguna dapat memberikan rating dan membagikan sebuah thread ke media sosial lain seperti Facebook, Twitter, LinkedIn atau Google+. Selain itu, peminatnya juga dapat melihat daftar thread yang ada sesuai dengan kategori yang disediakan. Fitur sorting juga dihadirkan oleh Spot List.

Untuk membuat sebuah postingan baru, pengguna dapat mengisi kolom URL, judul posting, isi dan kategori posting tersebut. Spot List juga memberikan saran untuk sebuah judul posting melalui URL yang dimasukkan oleh pengguna. Ini merupakan satu fitur yang cukup membantu bagi yang tak ingin repot-repot memikirkan sebuah judul posting yang ingin dibuat.

Bagi yang sering bermain Reddit atau Digg pastilah tak akan menemui kesulitan saat menggunakan Spot List. Fitur dan antarmuka yang sederhana serta kemudahan penggunannya dapat menjadi keunggulan Spot List dibandingkan forum diskusi online yang lain. Meski demikian, pembenahan serta penggarapan situs yang lebih serius sepertinya harus menjadi fokus utama pengembangnya. Meskipun konsep social bookmarking terbukti masih bertahan di tengah derasnya berbagai macam media sosial, kami pribadi masih skeptis apakah peminat Reddit bakal mau beralih ke situs lokal seperti Spot List.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again