Opini 

Merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia Melalui Internet

Merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia Melalui Internet

Posted by
Wiku Baskoro

August 16, 2010

Besok adalah hari jadi Republik Indonesia yang ke-65, terlepas dari berbagai polemik tentang hakikat kemerdekaan itu sendiri, serta berbagai komentar yang muncul dalam pidato kenegaraan Presiden hari ini, atau banyaknya kejadian beberapa waktu terakhir yang masih memprihatinkan di Indonesia, kita tetap bisa membagikan aura positif di peringatan hari kemerdekaan Indonesia besok.

Nah, berhubung kita ini masyarakat yang hidup dalam jaringan internet, berikut beberapa ide yang bisa digunakan dalam merayakan kemerdekaan Indonesia dan tetap terhubung dengan internet.

Gunakan tagar yang berhubugan dengan Indonesia. Ini beberapa tagar yang bisa digunakan oleh mereka yang aktif di Twitter untuk memperingati hari kemerdekaan dengan menyebarkan aura positif bagi para pengikut mereka: #indonesia65, #merdeka, #NarsisNasionalis, #merahputih, #garuda, #dirgahayu. Sepertinya masih banyak tagar lain yang sudah atau akan muncul, bebas pilih, yang penting tujuannya, yaitu untuk kemajuan Indonesia.

Untuk para geek, atau yang mau tahu berbagai info tentang aplikasi lokal, jangan lupa untuk gunakan tagar #startuplokal, baik itu mau membagi ide, atau mengajak relasi lain untuk mulai menggunakan aplikasi buatan lokal yang sesuai dengan kebutuhan.

Ubah gambar profil. Twitter atau Facebook, Koprol atau jejaring sosial lokal seperti Fupei dan jejaring sosial lain biasanya memiliki gambar profil, Anda bisa mengubah tampilannya dengan menambahkan nuansa merah putih, atau gambar bendera atau latar belakang merah putih selama bulan Agustus atau pas waktu hari kemerdekaan RI besok. Tunjukkan pada relasi Anda yang mungkin orang luar negeri, bahwa kita juga mau merayakan dirgahayu ini, sekali lagi bukan untuk hura-hura atau perayaan saja tetapi untuk membangun aura positif bagi bangsa.

Lewat blog. Ada banyak layanan blog saat ini, Blogger, WordPress, Tumblr, Posterous atau berbagai layanan blog lain. Buat tulisan dengan tema Indonesia, atau kemerdekaan pada hari esok, entah itu saran, curhat atau apapun yang menandakan bahwa kita juga ingin Indonesia menjadi lebih baik lagi, gak usah muluk-muluk, tetapi dengan cara yang kita mampu. Tulisan, apalagi di internet, akan lebih mudah ditemukan, ketika kita mencoba membangun aura positif, jangan heran kalau tiba-tiba ada pembaca yang terinspirasi dan, siapa tahu membuat kegiatan yang lebih masif untuk membangun dan memperbaiki kondisi yang kurang dan mempertahankan yang sudah baik di negeri ini.

Gunakan aplikasi lokal. Aplikasi buatan para usaha rintisan lokal a.k.a startup lokal itu banyak, mulai hari ini mari kita gunakan berbagai aplikasi yang dibuat oleh para pengembang lokal. Beberapa contoh, bagi yang mau mengatur keuangan ada Ngaturduit.com, yang mau pamer portofolio bisa ikut di Kayakarya.com, Inifotoku.com, Ayofoto.com, untuk yang mau menggunakan aplikasi musik buatan lokal bisa gunakan Gamelan, atau Tonehighway.com. Mau dapet diskon, wah, aplikasi lokal untuk yang satu ini lagi tumbuh subur: Disdus.com, Ogahrugi.com, Fanesia.com, Dealkeren.com.

Untuk pemendek URL, bisa gunakan, Siteo.us, Pendek.in, dll. Untuk aplikasi Twitter, bisa gunakan Tuitwit, untuk komunitas, bisa gabung di Kaskus, dan bisa juga gunakan berbagai aplikasi buatan para pengembang lokal yang bisa ditemukan di iPhone atau BlackBerry.

Untuk hal yang berhubungan dengan teknologi ada DailySocial.net, Temanmacet.com, Teknojurnal.com, Notsogeeky.net, Webicara.com. Untuk acara meetup bisa ikut Bancakan, FOWAB, SUWEC, #startuplokal Meetup, Fresh, untuk acara penghargaan ada Sparx Up Awards, ada Indigo Award, INAICTA dan masih banyak lagi.

Well, tentu masih banyak lagi aplikasi karya anak negeri yang bisa digunakan, Anda bisa lakukan pencarian di DailySocial untuk berbagai startup lokal lain, intinya, kalau ada layanan yang sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan, kita bisa mulai gunakan aplikasi buatan lokal.

Masih banyak cara untuk ikut merayakan hari jadi kemerdekaan Indonesia, merayakan disini juga bukan hanya sekedar hura-hura saja, tetapi lebih kepada ikut merenungkan tentang apa yang kurang baik di negara ini, ikut juga merasa prihatin, namun di sisi lain, ikut bangga akan berbagai keberhasilan yang juga telah ada.

Ikut memikirkan dan memberi masukan, baik itu kritik maupun saran, dengan cara dan kemampuan masing-masing, yang terpenting adalah ikut memberi andil dalam kemajuan bangsa, untuk masalah teknologi dan aplikasi, kita telah melihat berbagai kemajuan dari startup lokal, kita telah melihat pertumbuhan pengguna internet yang memberi peluang bagi kemajuan internet Indonesia, meski masih banyak kekurangan, yang pasti kita belajar, belajar untuk maju dan belajar untuk terus berkembang.

Dirgahayu Republik Indonesia, maju terus untuk usaha rintisan lokal. Selamat Ulang Tahun Indonesia, dari tim DailySocial. Merdeka!

Sumber gambar di dapat dari tautan ini dan ini.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×