Analisis  Berita  Review 

Mengenai TOS Facebook

Mengenai TOS Facebook

Posted by
Rama Mamuaya

February 17, 2009

Setelah merilis Terms of Service yang baru kemarin, Facebook menghadapi gelombang kritik melalui Twitter, blog, dan media lainnya. Salah satu isi TOS yang baru menyatakan bahwa pengguna tidak dapat menghapus data-nya di Facebook ketika meninggalkan Facebook. Di sebuah posting blog, Zuckerberg (CEO) mencoba menjelaskan kepada pengguna alasan dibalik keputusannya meng-approve TOS yang baru ini.

Zuckerberg menyatakan bahwa ketika anda memutuskan untuk berbagi data dengan rekan-rekan pengguna di Facebook, data tersebut secara otomatis juga menjadi milik rekan-rekan anda sehingga mereka tetap berhak untuk mengakses data tersebut meskipun kita sudah tidak menjadi pengguna Facebook. Konsep information-sharing yang ditekankan di Facebook ini harus terus dipertahankan meskipun pengguna sudah tidak ada. Meskipun begitu, tetap banyak pengguna yang protes dengan TOS yang baru ini, hal ini mungkin disebabkan pemikiran bahwa data mereka akan digunakan oleh Facebook. Memang hal ini tidak sepenuhnya salah, data anda memang akan tetap digunakan oleh Facebook dan pihak Facebook mengklaim bahwa data anda akan digunakan menurut kaidah etika yang juga tercantum di TOS yang (tidak banyak berubah).

Di kasus ini, rupanya pengguna tetap menuntut full-control atas data mereka, termasuk menghapusnya ketika mereka memutuskan untuk keluar dari Facebook.Data-data seperti foto, konten, status, email memang sangat penting untuk dipertahankan oleh pengguna dan bukan menjadi milik Facebook untuk alasan apapun.

Kata-kata kunci dari Zuckerberg, “Trust Us” seperti dikutip dari posting blog di Facebook. Namun pada kenyataannya tidaklah mudah untuk mempercayai begitu saja walaupun selama ini Facebook belum pernah mengecewakan penggunanya dari sisi etika penggunaan informasi.

Pertanyaan yang muncul dari beberapa orang berkaitan juga dengan metode revenue dari Facebook, DATA! Di Facebook -menurut rumor tsb- data anda menjadi komoditas yang sangat berharga dan bisa menjadi salah satu sumber pemasukan dari Facebook. Apakah ini alasan yang cukup kuat untuk tetap mempertahankan data anda di Facebook.. apapun caranya?

Jadi sekarang, ketika anda memutuskan untuk mendaftarkan diri anda di Facebook anda harus ingat bahwa apapun yang anda upload/tulis di Facebook bukanlah sepenuhnya milik anda, melainkan milik rekan-rekan anda yang anda bagi (share). Apakah termasuk milik Facebook? Sepertinya ya.

sumber

http://www.facebook.com/terms.php

http://www.readwriteweb.com/archives/facebook_sells_your_data.php

http://blog.facebook.com/blog.php?post=54434097130

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×