Dark
Light

TemanTakita(dot)com, Mendekatkan Keluarga Melalui Teknologi

1 min read
April 16, 2013

Salah satu kekhawatiran mereka yang memiliki anak di era digital ini barangkali bagaimana cara memperkenalkan anak dengan beragam teknologi yang ada dengan tepat guna. Tentunya tidak ada orang tua yang ingin memiliki hubungan dengan anak seperti yang digambarkan oleh kata-kata guyon, “teknologi, mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat”.

Indonesia Bercerita, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mempromosikan dan memberikan dukungan terhadap upaya mendidik melalui bercerita, belum lama ini merilis sebuah produk yang bertujuan untuk membantu permasalahan tadi. Apa produk tersebut? Mari kita temui TemanTakita.com dan Boneka Takita.

Secara sederhana, TemanTakita.com dapat dikatakan sebagai sebuah situs jejaring sosial untuk anak. Untuk bisa mengakses situs ini, pengguna anak harus memasukkan kode akses yang bisa didapat ketika membeli Boneka Takita. Setelah masuk, anak bisa melakukan Tantangan Petualangan Cerita. Tantangan ini hadir dengan tema berbeda setiap bulannya. Setiap tantangan akan meminta anak dan orang tua untuk melakukan kegiatan offline bersama dan kemudian menggunggah foto kegiatan tersebut ke TemanTakita.com. Dalam setiap tantangan, karakter Boneka Takita yang dibeli oleh anak akan hadir dan terlibat sebagai teman bagi si anak.

Setiap kali menyelesaikan sebuah tantangan, anak akan mendapatkan pin (yang mengadopsi konsep badge dalam layanan Foursquare). Bila anak menjadi juara dalam tantangan tersebut, sebuah pin lagi akan diberikan oleh TemanTakita.com. Pada beberapa tantangan spesial, terdapat hadiah bagi juaranya.

“Semakin hari perangkat digital akan semakin luas lingkup penggunaannya. Anak – anak kita mau tidak mau pasti akan bersentuhan, bermain, dan belajar mengandalkan perangkat digital. Oleh karena itu, tantangan bagi kita adalah merancang teknologi yang menyenangkan, memacu kreativitas, dan mendekatkan anak dengan orangtua”, tutur Bukik Setiawan, founder Indonesia Bercerita, dalam rilis pres yang kami terima.

Mulai dijual sejak bulan Maret lalu, Boneka Takita memang belum dipasarkan secara besar-besaran. Meskipun demikian, ternyata selama dua bulan penjualan, Boneka Takita sudah melampaui target yang diharapkan oleh Indonesia Bercerita. Rencananya, TemanTakita.com nantinya akan mengadakan kegiatan offline Petualangan Cerita di beberapa sekolah di Jakarta. Selain itu, TemanTakita.com juga rencananya akan dibuat versi aplikasi mobile untuk sistem operasi Android dan iOS untuk memudahkan pengguna dalam mengikuti Petualangan Cerita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Doku Projects Doku Wallet to be Indonesia’s PayPal, Will Release Mobile Apps Soon

Next Story

Nijibox Hadirkan Game ‘Suit Jepang’ Bersama Personil JKT48

Latest from Blog

Don't Miss

Notifikasi Facebook Nantinya Bakal Diisi Konten Ekstra Seperti Google Now

Setiap harinya, rata-rata pengguna Facebook bakal membuka tab notifikasi paling

Facebook Search Disempurnakan, Kini Sajikan Post Publik Terkait Topik Terkini

Saat ada sebuah topik hangat yang terjadi, umumnya saya akan