1. Startup

Menatap Perjalanan Facebook Selama 10 Tahun

Pada tanggal 4 Februari 2014 kemarin, tak terasa, Facebook, raksasa media sosial bentukan Mark Zuckerberg, telah menginjak usia 10 tahun. Ibarat manusia, usia 10 tahun merupakan titik awal menuju usia remaja yang akan menjadi landasan di kala usia dewasa nanti. Di usianya yang telah mencapai satu dekade, Facebook mulai beranjak menjadi platform media sosial yang semakin matang.

Pada tahun 2004, tentu tak pernah terpikirkan akan adanya suatu media sosial yang begitu mendunia dan menyentuh seluruh lapisan umat manusia di berbagai penjuru pelosok dunia. Di tahun itu, platform media sosial telah hadir di tengah-tengah kalangan pengguna. Sebut saja nama-nama seperti Friendster (yang telah berubah menjadi gaming platform), Multiply (R.I.P), MySpace, dan sejumlah nama besar lainnya yang telah lebih dahulu hadir. Tak disangka saat ini nama-nama besar itu justru telah hilang tenggelam di balik bayang-bayang Facebook yang tak hanya mampu bertahan namun malah justru semakin berkembang.

Jika direkap, perkembangan Facebook selama 10 tahun terakhir tentu tak akan cukup memenuhi satu artikel yang nyaman untuk dibaca, namun setidaknya ada beberapa poin yang bisa menjadi perhatian mengapa Facebook pantas menyandang sebagai raksasa media sosial.

Melantai di bursa saham Tahun 2012 lalu, Facebook berhasil melantai di bursa saham untuk pertama kalinya. Menurut halaman Wikipedia, pembukaan pertama IPO (Initial Public Offering) Facebook kala itu mencetak angka yang fantastis yakni mencapai sekitar USD 104 milyar. Angka tersebut tak hanya mampu membuat Mark Zuckerberg sang founder yang merupakan mahasiswa dropout menjadi salah satu pemuda terkaya di dunia, namun juga mampu mencetak rekor sepanjang sejarah perusahaan teknologi yang telah menerapkan langkah IPO.

Facebook Mobile yang mendunia Selama satu dekade, tak dipungkiri bahwa Facebook Mobile mampu membuat nama Facebook melambung di kancah jagat netizen di seluruh dunia. Tak hanya melambungkan namanya saja, Facebook Mobile juga dianggap “bertanggung jawab” menjadi salah satu penyebab perubahan wajah industri media sosial saat ini. Kesuksesan aplikasi mobile Facebook yang sejalan dengan aplikasi messenger-nya dan kesetiaannya terhadap Facebook Mobile untuk ponsel fitur, menjadikan Facebook selama satu dekade erat dengan pengguna di seluruh dunia.

Pengembangan fitur Sejak awal perjalanannya, Facebook kerap melakukan sejumlah pembaruan, mulai dari menghadirkan banyak fitur baru, perombakan fitur di sana-sini, hingga merombak total tampilan demi proses pengembangan yang kian sempurna. Banyaknya pengembangan fitur yang dilakukan Facebook membuat media sosial ini tak hanya sekedar menjadi media sosial untuk kalangan konsumen saja namun juga menyeluruh ke berbagai lini mulai dari kalangan bisnis hingga profesional.

Sebenarnya masih cukup banyak akan apa saja yang dilakukan Facebook selama 10 tahun terakhir, banyak yang sukses dan banyak juga yang tak mendapat respon cukup baik di tengah-tengah pengguna. Tak selalu menyenangkan, Facebook juga kerap diberitakan kurang sedap, mulai dari popularitas Facebook di kalangan usia muda yang menurun jauh dibanding dengan Twitter, sampai prediksi yang mengatakan bahwa pada tahun 2017 nanti Facebook akan kehilangan 80% penggunanya –yang kemudian dibalas oleh Facebook sendiri– tentu tak serta merta membuat perjalanan Facebook tetap mulus. Namun bagaimana pun juga Facebook tetaplah media sosial yang besar, mengubah sudut pandang seluruh umat manusia akan internet dan berhasil menghubungkan pengguna satu sama lain secara sosial tanpa batasan apa pun.

Di ulang tahunnya kali ini tak banyak perayaan yang dilakukan oleh Facebook, namun ada sedikit “bingkisan” bagi pengguna yang diberi nama Look Back. Dalam fitur ini pengguna dapat melihat perjalanan  panjang mulai dari awal bergabung dengan Facebook, foto yang pertama kali dibagikan, hingga post yang paling banyak mendapatkan “likes”,  semua disajikan secara apik lewat video slideshow yang mampu membawa momen-momen tak terlupakan bersama Facebook.

Selamat ulang tahun Facebook!

 

[ilustrasi foto: Facebook]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again