1. Startup

Resep Manajemen Waktu ala Jack Dorsey

Menjalankan dua perusahaan kaliber dunia secara bersamaan adalah hal yang luar biasa. Co-Founder Twitter dan CEO Square Jack Dorsey menjalankan dua perusahaannya itu sekaligus. Tidak hanya memperlihatkan bahwa ia bisa melakukannya dengan baik, Dorsey juga terkenal  produktif dan kerap melakukan terobosan inovatif untuk kedua perusahaannya.

Dalam Artikel di Inc Dorsey membagi rahasianya.

Menurut Dorsey, resep utamanya adalah ia selalu menentukan tema per minggu, dengan begitu ia bisa menjaga  produktivitas di level puncak. Caranya dengan fokus kepada satu hal setiap hari. Jangan memaksakan mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan. Ia mencontohkan: Hari Senin ia mengerjakan manajemen untuk kedua perusahaannya, sementara Selasa ia fokus kepada produk. Dorsey mengatakan cara ini membantunya fokus untuk menyelesaikan pekerjaan dan menjaganya dari gangguan-gangguan.

Menerapkan metode Dorsey dalam pekerjaan sehari-hari dipercaya akan membantu untuk fokus kepada hal yang terpenting yang harus dikerjakan, ketimbang sibuk memikirkan tantangan atau permasalahan yang muncul setiap hari saat menjalankan perusahaan.

Lalu bagaimana ketika ada sesuatu yang penting tiba-tiba muncul? Dorsey akan menyelesaikan hal yang mendesak, kemudian kembali lagi ke tema yang telah ditentukan. Memiliki fokus per hari bukan berarti menghindari tanggung jawab sehari-hari demi satu tema. Sebaliknya, membantu Anda mengarahkan ke hal-hal yang penting.

Selain resep di atas, berikut adalah tiga tips dari Dorsey:

1. Meningkatkan hubungan kerja

Sisihkanlah satu hari dalam seminggu untuk mencoba menjangkau rekan-rekan kerja dan mengenal mereka lebih baik, baik di level profesional maupun pribadi. Menawarkan untuk membantu menyelesaikan dengan proyek yang sudah ditangani sepanjang minggu atau mengatur makan siang perusahaan di restoran terdekat. Anda akan terkejut melihat seberapa besar hal tersebut akan membawa perbedaan kepada produktivitas kerja pegawai.

2. Rutin bersih-bersih

Sisihkan waktu dalam seminggu untuk mengorganisir perangkat kerja, seperti membersihkan meja dan laci kerja, menyusun ulang folder, atau mengkonfigurasi ulang berbagai folder pada account email Anda untuk menyingkirkan kekacauan.

3. Membangun personal brand

Mencoba untuk membangun personal brand  tidak harus menghabiskan waktu dengan dengan obsesif tweeting, atau berjam-jam melakukan pemrograman situs pribadi Anda. Fokuskan satu hari untuk melakukan strategi personal branding yang tepat. Ini bisa berarti mengikuti 10 influencer di LinkedIn, berinteraksi dengan setidaknya lima profesional lain di Twitter, menuju ke acara networking , atau bahkan belajar keterampilan baru yang dapat mengasah skill kepemimpinan.

Tentu saja Anda saat ini belum menjadi Jack Dorsey yang bertanggung jawab atas perusahaan bernilai miliaran Dollar dan ribuan karyawan, tetapi itu tidak berarti Anda tidak bisa mencontoh  cara kerjanya. Oh, dan bagian penting lain dari menjaga diri  agar tetap waras dan produktif? Luangkan waktu libur. Pada hari Sabtu Dorsey tak bisa diganggu karena ia memblok hari itu hanya untuk hiking.

Entrepreneur lokal yang menjalankan dua perusahaan sekaligus, salah satunya adalah Ryan Gondokusumo yang menjalankan Sribu dan Sribulancer secara bersamaan. Ryan mengakui tidak mudah untuk membagi fokus ke dua produk berbeda. "Task management tool seperti Basecamp, dan Jira sangat membantu memudahkan tracking pekerjaan," ucapnya memberikan saran.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again