1. Startup

Mampukah Situs Review Restoran Zomato Menembus Pasar Indonesia?

Situs review restoran Zomato yang berasal dari India akan menyambangi Indonesia di akhir bulan Juli mendatang. Seperti dikutip dari wawancaranya dengan Tech In Asia, CEO dan co-founder Zomato Deepinder Goyal mengkonfirmasi bahwa Jakarta sebagai ibukota akan menjadi target pasar baru startup ini. Zomato memiliki model bisnis serupa Zagat, dengan konsumen memberikan rating terhadap restoran yang dikunjunginya. Modal Zomato adalah daftar restoran di Jakarta yang mencapai 18.000 buah dan tim lokal yang saat ini terdiri dari dua pegawai untuk mengurusi konten dan penjualan. Yang menjadi pertanyaan tentu saja apakah situs seperti ini bakal berhasil?

Sudah cukup banyak pemain lokal yang mencoba mengambil ceruk review restoran seperti ini, sebut saja Goorme ataupun YukMakan yang lebih dulu berkecimpung di bidang ini. Situs Goorme saat ini sudah ditutup, sedangkan YukMakan meskipun masih tampak ramai belum bisa mencapai taraf seperti Yelp atau Zagat untuk menjadi yang terdepan memberikan informasi tentang restoran kepada konsumen. Bisa jadi untuk rekomendasi suatu restoran, konsumen Jakarta lebih memilih membaca apa yang tertera di Foursquare -- itu juga masih menggunakannya.

Saya sempat berbincang dengan seorang penggiat startup tentang situs review di Indonesia, baik itu tentang restoran, hotel atau layanan lainnya. Menurut yang bersangkutan, animo masyarakat untuk berbagi dalam situs-situs seperti ini masih sangat kurang, bahkan jika disertai dengan insentif hadiah sekalipun. Sedikit banyak, berdasarkan pengamatan saya terhadap situs-situs review yang sudah ada, pendapat ini ada benarnya. Saya sendiri belum tahu jawaban pastinya terhadap hal ini, yang jelas konsumen jaman sekarang lebih percaya rekomendasi teman untuk hal apapun ketimbang iklan ataupun buzzer di media sosial.

Tentu saja hal ini bakal menjadi tantangan bagi Zomato untuk menembus pasar Indonesia. Meskipun harus diakui Zomato memiliki tampilan situs yang menyenangkan untuk dilihat, Zomato harus bisa mengerti cita rasa Indonesia (termasuk menyajikan situs dalam bahasa Indonesia) dan harus mampu menggerakkan konsumen Indonesia untuk aktif berinteraksi memberikan komentar, rekomendasi dan rating terhadap berbagai restoran yang pernah didatanginya. Absennya situs review global seperti Yelp dan Zagat di Indonesia tentu menjadi nilai plus bagi Zomato untuk mengeliminasi persaingan.

Indonesia dianggap pasar yang potensial bagi Zomato karena penetrasi smartphone dan penggunaan Internet relatif masih kecil/terbatas, sehingga Zomato ingin membantu membentuk pasar. Sebelum Indonesia, Zomato telah memasuki pasar Uni Emirat Arab, Qatar, Afrika Selatan, Sri Lanka, Filipina dan Inggris -- di mana pendekatan yang diterapkan di Filipina nampaknya juga bakal diterapkan untuk usahanya menembus pasar Indonesia.

Selain versi web dan mobile web, aplikasi mobile Zomato juga telah tersedia di hampir semua platform smartphone.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again