• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Mac App Store Resmi Dirilis

Mac App Store Resmi Dirilis

Posted by
Wiku Baskoro

January 7, 2011

Mac App Store telah resmi dirilis. Toko aplikasi milik Mac yang sebelumnya hanya tersedia di perangkat Apple lainnya seperti iPhone, iPod Touch serta iPad ini kini bisa dinikmati oleh para pengguna Mac. Toko aplikasi versi Mac ini menyediakan lebih dari seribu aplikasi, baik yang berbayar maupun gratis.

Mac App Store ini tersedia bersamaan dengan software update Mac OS X Snow Leopard. Setelah melakukan pilihan pada menu software update, kalau Anda melihat detail dari update, maka akan terlihat update OS X ke versi 10.6.6, dan update ini akan termasuk Mac App Store.

Apple juga telah menambahkan keterangan tentang Mac App Store ini di halaman awal situs Apple. Mac App Store ini layaknya App Store di iPhone, iPod Touch dan iPad, dimana pengguna bisa menjelajah aplikasi berdasarkan kategori, seperti permainan, productivity, musik atau kategori lainnya.

Pengguna juga bisa menggunakan sarana pencarian untuk menjelajah aplikasi dengan lebih spesifik. Tersedia juga penjelasan dari pengembang aplikasi tersebut serta tentu saja logo bintang yang menunjukkan rating dari pengguna. Akan ada menu di bagian atas untuk melihat kategori aplikasi seperti featured apps, aplikasi berdasarkan popularitas, kategori, data aplikasi yang telah dibeli atau diunduh. Menu update juga bisa ditemukan di bagian ini.

Anda bisa langsung mengunduh aplikasi dengan klik ikon ‘buy’ untuk aplikasi berbayar dan klik ikon ‘free’ untuk aplikasi gratis, kemudahan instalasi juga menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan Apple, termasuk juga fasilitas update aplikasi, seperti yang dijelaskan di situsnya, pengguna bisa melihat update aplikasi yang telah diunduh, melakukan pembaruan untuk semua aplikasi atau satu persatu. Apple juga menyediakan fasilitas redownload, dimana pengguna bisa menginstal aplikasi yang telah dimiliki di setiap Mac yang dipunyai pengguna.

Beberapa aplikasi yang tersedia adalah, Angry Birds, Flight Control untuk permainan, Twitter, SoundCloud, Evernote dan berbagai aplikasi lainnya. Ketika tulisan ini ditulis, salah satu aplikasi gratis yang paling populer adalah Twitter. Saya sendiri agak kesulitan untuk melakukan unduhan, awalnya ada error dan aplikasi tidak bisa diunduh, namun setelah melakukan restart untuk kedua kalinya, aplikasi Twitter bisa diunduh dan digunakan, namun untuk review hands-on ‘Twitter for Mac’ akan ditulis pada artikel lain.

Keterangan lengkap tentang Mac App Store bisa dilihat disitus resmi Apple di tautan ini, atau Anda bisa langsung melakukan software update untuk mencoba Mac App Store.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×