1. Startup

Line Creators Market Sudah Dibuka, Stiker Bisa Dijual di Line Web Store Indonesia

Layanan mobile messaging populer Line akhirnya membuka Creators Market untuk umum yang membolehkan para desainer membuat set stiker di Line Web Store. Untuk awalan, stiker-stiker yang lolos seleksi bisa dijual mulai bulan Mei mendatang di Line Web Store empat negara, yaitu Jepang, Taiwan, Thailand, dan Indonesia yang mencerminkan empat negara pengguna Line terbesar di dunia. Satu set stiker yang berisi 40 stiker akan dijual seharga Rp 9.900, dengan 50%-nya didistribusikan untuk pembuat stiker.

Stiker di platform Line telah menjelma menjadi bisnis yang populer dengan pendapatan di perhitungan Agustus 2013 mencapai sekitar $10 juta (lebih dari Rp 120 miliar) per bulan bagi perusahaan yang berpusat di Jepang ini. Line mengklaim telah memiliki lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia dengan lebih dari 20 juta di antaranya berasal dari Indonesia.

Sejak mulai ditawarkan bulan Oktober 2011, popularitas Line telah mencapai puncaknya hingga saat ini sekitar 1,8 miliar stiker terkirim setiap harinya. Meskipun nantinya pembukaan Creators Market belum tentu menambah penghasilan Line secara signifikan, diharapkan pembukaan ini bisa meningkatkan antusiasme penggunaan Line sebagai preferensi layanan messaging bagi konsumen di negara-negara yang menjadi fokus pasarnya.

Berdasarkan survei On Device, Line adalah layanan mobile messaging terpopuler ketiga di Indonesia setelah WhatsApp dan BlackBerry Messenger. Selain dukungan terhadap berbagai macam platform mobile, Line juga tersedia secara resmi untuk PC/Windows dan Mac. Untuk urusan stiker sudah berbagai macam perusahaan yang bekerja sama dengan Line untuk meningkatkan brand awareness-nya di layanan populer ini, termasuk di antaranya Pocari Sweat dan Rakuten.

Desainer Indonesia yang ingin bergabung dalam program ini bisa mendaftarkan akun Line yang dimilikinya. Informasi tentang ukuran set stiker yang disyaratkan bisa dilihat di halaman FAQ-nya. Bahasa Indonesia termasuk dalam tujuh bahasa yang didukung untuk ditampilkan dan diekspresikan dalam stiker. Untuk pembuat stiker yang berasal di luar Jepang, pendapatan akan ditransfer ke akun PayPal Premier atau PayPal Business. Akun PayPal Personal tidak bisa digunakan untuk memfasilitasi transaksi ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again