1. Startup

Lima Aplikasi iOS Untuk Bulan Ramadan

Sejak 28 Juni 2014 lalu, umat Muslim mulai menjalankan ibadah puasa wajib di bulan Ramadan. Bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia ini sering dijadikan sebagai masa untuk menyucikan diri dan memperbanyak amal ibadahnya. Dan di tengah booming-nya industri digital, tentu saja kini banyak aplikasi mobile yang memberi layanan seputar Ramadan. Kami telah membahas lima aplikasi bernuansa Islam untuk platform Android dan kini kami hadirkan lima aplikasi iOS terpilih, selain dari Muslim Pro yang sudah cukup sering kami bahas.

Ramadan 2014 Seperti aplikasi Ramadhan lainnya, aplikasi ini menampilkan informasi wajib, jadwal sahur, berbuka, dan shalat. Selain itu ada doa buka puasa yang dtulis dalam huruf Arab dan Latin, juga terjermahannya. Doa itu pun dapat didengarkan secara audio. Lalu dalam menu Guide, terdapat penjelasan tentang  puasa, siapa yang harus puasa, pahala dari berpuasa, niat, dan aturan yang membatalkan puasa serta tarawih dan penjelasan malam Lailatul Qadar. Selain itu pengguna juga bisa mengatur pengingat waktu salat fardhu , waktu sahur, hingga alarm untuk membangunkan sahur. Sebuah panduan lengkap untuk berpuasa. Informasi lain yang disediakan yang mungkin berguna bagi Anda yang sudah mempunyai putra dan putri, ada 99 nama Allah dan penjelasannya. Bisa menjadi bahan menarik untuk diskusi ringan mengenai agama dengan si kecil.

Athan Pro: Prayer Times Aplikasi ini terbilang lebih lengkap dari segi banyaknya menu yang ditawarkan di dalamnya. Pertama ada kompas yang menunjukan arah kiblat. Lalu peta yang menunjukan lokasi mesjid terdekat. Tak ketinggalan kalendar event ramadhan seperti hari pertama berpuasa, malam Lailatul Qadar dan hari Raya Islam lainnya, seperti Idul Fitri, dan Idul Adha.  Ada juga panduan doa sebelum dan sesudah shalat. Kemudian aplikasi ini juga menyediakan AlQuran digital. Di halaman muka, ada menu setting untuk aplikasi ini, seperti mengatur alarm waktu shalat dengan pilihan ringtone yang berbeda-beda.

Ibadah Seperti aplikasi lainnya, layanan ini tentu saja menyediakan jadwal shalat lima waktu. Lalu ada pilihan untuk suara notifikasi pengingat waktu shalat dengan ring tone atau pun adzan. Kompas arah kiblat pun disediakan.  Tak ketinggalan ada juga layanan catatan tadarus, untuk menyimpan catatan hingga sejauh mana pengguna membaca Al Qur’an di bulan suci ini. Bagi yang berniat untuk menamatkan AlQur'an dalam bulan Ramadhan menu ini sangat bermanfaat untuk melacak perkembangan Anda. Kemudian ada penjelasan kapan waktunya puasa sunah, seperti puasa Syawal, Senin dan Kamis Puasa Nabi Daud, puasa Arafah, hingga puasa Syaban.

As Shalat Aplikasi ini bisa jadi tambahan karena bisa menjadi panduan untuk menyempurnakan shalat. Bagi yang selama ini, mungkin yang selama ini shalatnya masih "bolong-bolong". Yang menarik adalah selain panduan bacaan shalat, terdapat pula kumpulan doa-doa sesudah shalat.  Tambahan, ada panduan untuk kembali mengingat dan menyempurnakan bacaan surat  pendek yang bisa Anda dengarkan versi audio, sehingga membantu Anda menghafal surat-surat pendek Al Qur’an selama bulan Ramadhan. As Shalat juga tersedia dalam versi shalat sunnah.

Zakat Ini bisa jadi aplikasi menarik untuk menghitung besaran zakat yang harus Anda keluarkan. Aplikasinya lumayan mudah meski sayangnya masih dihitung dalam dollar. Pengguna harus memasukan nisab atau jumlah batasan penghasilan yang ditetapkan untuk seorang muslim wajib berzakat. Kemudian jumlah harta yang dimiliki, misalnya, emas dan perak. Jumlah uang tunai yang di tangan, pun buku tabungan, nilai investasi atau saham, serta utang dan piutang.  Setelah lengkap memasukan semua data, maka pengguna akan menerima kalkulasi jumlah zakat yang harus dibayarkan.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again