• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Interview 

LewatMana.com Jadi 10 Pemenang Netexplorateur Award of The Year 2011 (+Interview)

LewatMana.com Jadi 10 Pemenang Netexplorateur Award of The Year 2011 (+Interview)

Posted by
Wiku Baskoro

February 16, 2011

Akhir Januari ini muncul lagi berita tentang startup Indonesia yang mendapatkan award di event international, setelah beberapa waktu lalu GantiBaju.com kemudian KrazyMarket, kini giliran startup yang juga memenangkan the Most Promising Startup SparxUp Award 2010, LewatMana.com yang menjadi salah satu dari 10 pemenang Netexplorateur Award of The Year 2011.

Berita tentang penghargaan ini dituliskan pada blog LewatMana.com akhir Januari, sedangkan acara penganugerahan dilaksanakan di Paris, tanggal 3 Februari 2011. Seperti yang dijelaskan di blog LewatMana, Netexplorateur Award of The Year 2011 merupakan acara rutin yang diadakan sejak 2008, Netexplorateur adalah organisasi yang mendapat dukungan dari The Senat and Prime Minister of France, organisasi ini, dengan dukungan jaringan lebih dari 200 tenaga ahli di seluruh dunia (jurnalis, ilmuwan, akademisi) kemudian mengamati penggunaan teknologi di dunia internet dan digital.

Setiap tahun mereka mendata 100 kasus penggunaan teknologi yang paling menarik, kemudian tahap final, juri akan memilih 10 pemenang dan memilih satu pemenang utama. LewatMana masuk dalam daftar sepuluh pemenang tersebut.

Lebih lengkap tentang organisasi ini bisa dilihat di tautan ini, sedangkan daftar 10 kandidat di tautan ini, 100 daftar di sini. Berikut wawancara singkat dengan pak Hendry, founder dari LewatMana.com, tentang award yang didapatkan LewatMana ini.

DailySocial [DS]: Bolehkah diceritakan awal mulanya sampai LewatMana bisa mendapatkan award ini, Apakah LewatMana mendaftarkan diri atau memang dipilih oleh panitia?

LewatMana [LM]: Jadi sebenarnya kami tidak daftar tapi dipilih dan tersaring masuk 100 besar dan kemudian melalui panel juri international ditentukan sebagai salah satu dari 10 pemenang. Jadi Netexplorateur ini sendiri adalah organisasi yang didukung oleh senat dan kantor perdana menteri Perancis dan dibiayai oleh beberapa perusahaan besar di Perancis seperti Renault, Air France, Lafarge, BNP Paribas, dan banyak lagi.

Mereka memiliki network of expert di beberapa negara untuk memonitor perkembangan digital society di dunia dan untuk dipresentasikan dihadapan para executive dari perusahaan besar, pejabat pemerintah terkait dan juga academic.

[DS]: LewatMana itu masuk 10 besar, betul ya pak? Jumlah finalis 100 ya? Jadi LewatMana ‘lolos seleksi’ dan menjadi 10 pemenang?

[LM]: Iya betul, cuman yang masuk 10 besar diundang ke Paris untuk menerima award dan memberikan presentasi dihadapan semua member di forum. Jadi sebenarnya event ini bukan event public, cuman undangan saja yang boleh masuk dan kira-kira yang hadir ada 1000-an. Saya juga bertemu dan mendapat ucapan selamat dari perwakilan tetap indonesia di UNESCO yang sempat hadir dalam acara tersebut.

[DS]: Dari blog LewatMana saya juga telah membaca beberapa kategori sebagai persyaratan untuk masuk 10 besar, boleh diceritakan kriteria mana yang cocok dengan LewatMana sehingga bisa terpilih?

[LM]: Betul, ada 3 kriteria yaitu keaslian ide, impact terhadap society/masyarakat, dan role model. Sekarang di dunia memang belum ada Traffic Information Solution yang berbasiskan society seperti LewatMana.com. Mungkin kalau monitor lalu lintas pakai CCTV sudah banyak, tetapi yang model society-based solution belum ada. Jadi mungkin dari point keaslian idea kita mendapatkan cukup banyak point. Kemudian impact ke masyarakat, tentunya karena situs ini adalah untuk tujuan membantu masyarakat menghadapai permasalahan yang nyata ada di tengah masyarakat tentunya ini memiliki dampak langsung terhadap masyarakat.

Jadi mendapatkan point juga dari solusi yang dapat memberikan benefit langsung ke masyarakat dengan menggunakan technology yang ada dan terjangkau.  Kemudian mungkin beberapa point untuk kriteria yang ke 3 karena solusi ini dapat menjadi alternatif solusi informasi lalu lintas yang lebih sustainable dan cost effective dibandingkan dengan cara conventional yang memerlukan investasi puluhan sampai ratusan juta dollar.

[DS]: Apa saja pak yang didapatkan dari award ini selain piala? Apakah ada program lanjutan yang akan melibatkan LewatMana?

[LM]: Ya, firstly recognition adalah suatu encouragement boost terhadap team dan partners, secondly networking/partnership/investment opportunities. Selain itu kami akan terus bekerja sama dengan Netexplorateur untuk membantu network expert mereka melakukan process pemilihan. Kami akan membantu memberikan masukan kepada mereka apabila ada solusi atau terobosan yang bagus dari Indonesia. Di sana saya berkesempatan juga mengenalkan sedikit tentang ambience digital startup di Indonesia, tentunya sangat menarik buat mereka. Bahwa banyak great ideas coming from Indonesia dan berharap dengan infrastruktur teknologi dan permodalan yang terus membaik, tidak menutup kemungkinan solusi breaktrough dapat berasal dari Indonesia/SE.Asia.

[DS]: Bisa diceritakan pak pengalaman presentasi di sana? Dan bagaimana ketertarikan peserta tentang teknologi atau layanan LewatMana?

[LM]: Saya sebenarnya tidak menyangka bahwa audience-nya begitu besar (Anda dapat melihat fotonya di tautan ini, mereka kebanyakan executive yang type serius (jadi bukan startups atau bloggers yang modelnya fun .. :-) ). Anyway karena saya speak dihari kedua jadi pada saatnya sudah lebih cair dan familiar, karena sempat kenalan dengan banyak dari mereka jadi much better. Format persentasinya adalah 5 menit perkenalan oleh panel expert tentang solusi LewatMana dalam bahasa Perancis tentunya, terus saya presentasi 15-20 menit dan kemudian tanya jawab.

Pada waktu presentasi selain menceritakan tentang solusi LewatMana saya juga berkesampatan show beberapa slide pantai dan tempat-tempat menarik di indonesia, dan ternyata mereka senang sekali. Bahkan waktu break time saya share tentang traffic di Jakarta sebagian mereka bilang kalau saya belum melihat yang lebih parah seperti di Rio De Janeiro, San Poulo, Beijing, Mumbai, dll.

Nah, jadi ada yang menarik disana yaitu ada sebuah sistem dimana waktu ada yang melakukan presentasi, para audience bisa memberi comment dan bertanya langsung melalui sistem tersebut yang sudah disediakan (dapat diakses dari web melalui Wi-Fi) atau melalui Twitter. Jadi pertanyaan-pertanyaan itu akan di-flash di layar besar seperti running text, dan pada saat waktu tanya jawab tiba, moderator akan memilih beberapa pertanyaan dari audience itu tadi untuk dijawab. Total ada 46 pertanyaan setelah saya presentasi dan tentunya gak bisa semua ditanyakan dan dijawab.

Secara garis besar saya mendapatkan response yang positive dari solusi LewatMana karena solusi yang dapat berguna membantu masyarakat luas secara langsung dan dapat diaplikasikan ke kota lain di Indonesia dan negara lain. Saya mendapat good feedback langsung dari beberapa audience setelah presentasi, ada beberapa dari email dan twitter.

[DS]: Terakhir, setelah award ini adakah perkembangan terbaru yang akan dilakukan LewatMana? Termasuk penambahan fitur, strategi monetisasi atau perkembangan terbaru lain?

[LM]: Fokus utama kami adalah membangun jaringan CCTV network dan digital data platform, jadi belum semunya ter-reflect ke aplikasi frontend sehingga mungkin masih banyak yang transparant dari users. Ke depan setelah jumlah quantity dan quality data mencapai level tertentu akan dengan sendirinya beberapa fitur yang akan kami rilis akan lebih bermanfaat pada waktunya.

Selamat untuk LewatMana.com, semoga dengan award ini bisa semakin mengenalkan tentang startup atau developer Indonesia yang berhasil mengembangkan teknologi yang berusaha memberikan solusi, serta di sisi lain membantu LewatMana untuk meningkatkan layanan dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat luas.

Sumber foto: blog LewatMana.com.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×