1. Startup

Lazada Sediakan Platform Online bagi UKM

Lazada baru saja secara resmi meluncurkan marketplace yang beroperasi di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Platform marketplace ini memungkinkan UKM, distributor dan pengecer untuk memulai sebuah toko online pada platform Lazada, memberikan mereka akses ke komunitas dan pelanggan Lazada.

Melalui alat manajemen toko yang telah disinkronkan dengan Lazada back-end sistem TI, setiap pengecer dan UKM dapat menawarkan produknya. Lazada juga mengalokasikan manajer account khusus untuk memberikan kepada e-commerce rekomendasi untuk potensi pertumbuhan lebih lanjut.

Maximilian Bittner, CEO Lazada seperti yang dikutip oleh e27 mengatakan, "Jumlah permintaan kemitraan besar-besaran kepada kami membuat senang untuk memberikan kesempatan kepada semua pedagang di wilayah tersebut. Kami mulai mengembangkan platform marketplace pada akhir tahun 2012 karena sangat cocok dengan tujuan kami untuk terus memperluas penawaran produk dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta mitra kami. "

Bittner juga percaya platform memiliki "efek samping" kuat dalam mengembangkan ekosistem bisnis online. Ini nantinnya akan menciptakan peluang bisnis yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di Asia Tenggara.

Beberapa pengguna awal yang berbasis di Malaysia termasuk Pineapple Computers, mengatakan bahwa bisnisnya telah tumbuh sebesar 38 persen sejak bergabung ke marketplace, berkat akses ke basis pelanggan besar Lazada itu. Philips Electronics juga akan bermitra dengan Lazada untuk membuat persediaan yang lebih mudah diakses.

Lazada beroperasi dengan fokus pusat belanja online multi-kategori dengan hampir dua ratus ribu produk yang terdaftar. Membuka dan memungkinkan UKM untuk memiliki akses ke saluran distribusi mengikuti langkah Alibaba marketplace asal China yang sukses. Alibaba Group mengoperasikan Alibaba.com, online terbesar di dunia platform bisnis-ke-bisnis (B2B) untuk usaha kecil, dan Taobao, platform yang terbesar belanja online konsumen China, antara entitas internet lainnya. Pada 2012, dua portal Alibaba bersama-sama ditangani CNY1.1 triliun (170 miliar USD) dalam penjualan, lebih dari eBay dan Amazon bila digabungkan.

Tampaknya Lazada akan mengambil langkah yang sama dengan Alibaba, memungkinkan UKM untuk memulai toko online mereka pada platform, dan berfokus membantu UKM hingga berhasil. Ini menyediakan dukungan yang disesuaikan untuk pengaturan logistik, inisiatif pemasaran online dan pengunjung yang besar untuk mitranya.

Hal ini juga diperhatikan bahwa Lazada telah mengumpulkan lebih dari 236 juta USD di putaran pendanaan untuk mendorong pertumbuhan di Asia Tenggara, investasi dalam rantai pasokan, logistik, pergudangan, e-commerce mobile, jaringan regional layanan e-commerce, lokalisasi, tidak melupakan mempekerjakan pemasaran. Perusahaan meramalkan 6-7 miliar USD penjualan selama beberapa tahun ke depan.

Alibaba di sisi lain, juga mulai rencana globalisasinya. Tahun lalu Alibaba membentuk tim yang didedikasikan untuk mengeksplorasi Taobao global dengan mengarahkan fokus pada Hong Kong, Taiwan, Singapura, dan Malaysia.

Selain Lazada dan Alibaba yang mengamati mencoba menyicip kue e-commerce di Asia, Shopify juga telah bekerja sama dengan SingTel untuk menawarkan solusinya di Singapura, Malaysia, Indonesia, dan India tahun ini. Untuk membantu pedagang Shopify dengan upaya pemasaran online mereka dan meningkatkan fungsionalitas dari etalase mereka, Telkomsel juga akan menawarkan berbagai layanan opsional seperti pemasaran mesin pencari, integrasi jaringan sosial, manajemen persediaan, dan kemampuan pemasaran email.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again