• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Opini 

Lapar.com Resmi Ekspansi ke Surabaya

Lapar.com Resmi Ekspansi ke Surabaya

Posted by
Wiku Baskoro

March 14, 2011

Lapar.com pagi ini mengumumkan bahwa layanan mereka telah tersedia untuk kota Surabaya. Dari Tweet founder mereka, Firman, Lapar.com kini secara resmi memberikan layanan penawaran potongan harga dari merchant makanan untuk kota Surabaya.

Seperti yang pernah dibahas pada tulisan DailySocial sebelumnya, ekspansi ini memang menjadi salah satu strategi yang diterapkan Lapar.com, sebelumnya layanan mereka hanya mencakup kota Jakarta dan Bandung saja, kini tambahan kota Surabaya menjadikan pencari promo dari tempat makan di 3 kota bisa menggunakan layanan Lapar.com.

Sebelumnya Lapar.com juga merilis fasilitas baru yaitu integrasi pembayaran dengan klikBCA, Lapar.com juga kini memiliki MakanPlus, semacam portal yang digunakan oleh Lapar.com dengan memberikan berbagai informasi seputar makanan yang juga bisa berfungsi untuk membina dan membangun komunitas mereka yang diberi nama ‘pejuang lapar’.

Salah satu hal yang menarik dari Lapar.com adalah layanan mereka cukup targeted, artinya secara khusus bermain di layanan daily deals yang menyediakan penawaran dari makanan saja. Saya sendiri berharap Lapar.com tetap seperti ini dan tetap fokus di segmen makanan, tidak usah merambah untuk menyediakan penawaran dari segmen lain, persaingan makin ketat, dan Groupon sendiri sepertinya tinggal menunggu waktu untuk resmi hadir di Indonesia.

Satu hal yang bisa dikembangkan oleh Lapar.com adalah komunitas, dan hal ini telah terlihat dengan pengembangan fasilitas MakanPlus. Satu hal yang harus diperhatikan oleh para groupon clone adalah perbedaan behaviour serta kondisi pasar antara layanan di negara ‘asli’ Groupon dan Indonesia, selain itu setidaknya ada dua faktor yang harus sangat diperhatikan penyedia layanan daily deals, merchant dan konsumen itu sendiri.

Merchant membutuhkan pengunjung dan pengunjung/konsumen membutuhkan potongan harga, potongan harga akan terjadi jika kuota terpenuhi. Fasilitas MakanPlus menjadi salah satu cara untuk mengelola komunitas, di fasilitas ini ada banyak informasi yang dibagikan oleh Lapar.com, tidak hanya tentang makanan tetapi juga bisnis dan serba-serbi yang berhubungan dengan makanan. Meski tampilannya masih bisa diperbaiki, misalnya flying banner yang agak mengganggu, namun fasilitas MakanPlus ini bisa memberikan tambahan layanan dari Lapar.com selain daily deals. Mungkin saja, nantinya fasilitas daily deals hanya menjadi fitur tambahan dari layanan yang lebih luas, who knows? Satu hal yang pasti dengan tingkat persaingan yang ada, berbagai strategi memang harus diciptakan untuk mempertahankan pangsa pasar yang telah tercipta.

Seperti yang pernah saya katakan, tahun 2011 akan menjadi tahun yang sibuk bagi Lapar.com, well, hampir semua groupon clone akan sibuk tahun ini, kita lihat fasilitas apa lagi yang akan ditawarkan Lapar.com serta layanan daily deals lain. Aplikasi untuk perangkat bergerak sepertinya bisa menjadi sasaran yang tepat untuk dikembangkan.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×