1. Startup

Lagi-lagi Ide Sinting Google: Mengganti HTTP

Google emang kebangetan deh. Gak puas dengan bikin bahasa pemrograman sendiri, mereka pun punya rencana mengubah inti dari protokol transfer data di internet. Selama ini kita mengenal HTTP (HyperText Transfer Protocol) sebagai "cara ngobrol" antara web server dengan klien-kliennya. Google sepertinya merasa HTTP sudah ketinggalan jaman dan seharusnya komunikasi antar elemen di internet bisa lebih efisien dan cepat. Sebagai solusinya, mereka mengembangkan SPDY, protokol baru yang mereka percaya bisa bikin internet 2x lebih cepat.

Proyek ini lagi-lagi dikembangkan dengan cara open source, yang gape programming bisa bantu-bantu lihat dan kembangkan code-nya. Dan tampaknya code-nya masih dibikin pake C, bukan pake Go-nya mereka sendiri tuh.

Berhubung skill programming gue udah keropos, jadi ngga ngerti juga di bagian mana inovasi mereka bisa bikin protokol yang lebih cepat. Yang bisa jelasin, monggo ditulis di bagian komentar ya..

OOT: Tadi pas gue ngobrol dengan Rama, dia agak skeptis dengan produk yang satu ini, karena dikasih nama SPDY - yang dibaca "speedy" - karena mirip dengan nama produk lokal yang menjanjikan hal yang jadi namanya, tapi nyatanya jauuuh :P

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again