Analisis  Opini 

Krusialnya BlackBerry World untuk Masa Depan RIM

Krusialnya BlackBerry World untuk Masa Depan RIM

Posted by
Andi Miftachul

May 1, 2012

BlackBerry World, sebuah konferensi tahunan yang diikuti oleh seluruh ekosistem pendukung BlackBerry, digelar 1-3 Mei 2012 ini di Orlando, Florida, Amerika Serikat. Tahun ini, dalam BlackBerry World juga akan digelar BlackBerry 10 Jam, sebuah acara khusus untuk pengembang dimana pihak Research In Motion (RIM), produsen BlackBerry, akan mengenalkan BlackBerry 10, sistem operasi baru BlackBerry yang baru akan dirilis pertengahan kedua tahun ini.

Tyler Lessard, mantan wakil presiden RIM, seperti ditulis oleh PC World mengatakan bahwa sistem operasi BlackBerry 10 sangat berbeda dengan sistem operasi yang dipakai oleh BlackBerry sekarang ini. Aplikasi-aplikasi yang terdapat dalam BlackBerry App World yang diperuntukkan untuk sistem operasi yang dipakai sekarang, tidak akan bisa dipakai dalam BlackBerry 10.

Karenanya, event BlackBerry 10 Jam ini menjadi penting. Pada event ini, RIM harus mampu meyakinkan pengembang bahwa sistem operasi terbarunya bisa bersaing dengan sistem operasi mobile lain seperti Android, iOS, dan Windows Mobile. Jika pengembang melihat BlackBerry 10 punya peluang, mereka tidak akan ragu untuk membuat aplikasi untuk sistem operasi ini. Tetapi jika pengembang ragu, BlackBerry 10 akan diluncurkan tanpa dukungan kekayaan aplikasi sebagai pelengkapnya.

Untuk membantu pengembang, dalam BlackBerry World ini, RIM akan membagikan beberapa prototype BlackBerry terbaru yang disebut BlackBerry Dev Alpha kepada pengembang. Dengan prototype tersebut, pengembang akan bisa mulai membangun aplikasi untuk BlackBerry 10. Namun, RIM menekankan bahwa prototype tersebut bukanlah calon device BlackBerry 10 yang akan dirilis nanti.

Selain itu, RIM juga akan merilis 4 tools beta untuk pengembangan dalam BlackBerry 10. Dengan 4 tools tersebut, pengembang yang sudah berpengalaman dalam mengembangkan aplikasi dengan Adobe Air, Android, and HTML akan lebih mudah dalam mengembangkan aplikasi untuk BlackBerry 10 dan juga untuk sistem operasi BlackBerry Playbook 2.0.

Selain masalah pengembang, dalam BlackBerry World, publik juga akan menantikan pidato eksekutif RIM tentang arah kebijakan RIM ke depan. RIM tentunya tidak ingin terus-terusan menggantungkan perusahaannya dengan mengandalkan penjualan ‘ponsel murah’ di negara berkembang, tetapi juga bersaing di level teratas dan inovasi teknologi smartphone seperti nama yang disandangnya, Research In Motion.

Koreksi: Perbaikan cara penulisan BlackBerry.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×